Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 SUKAMAKMUR ACEH BESAR
Pengarang
FUJIA MIRANDA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Tuti Zubaidah - 196805271994032001 - Dosen Pembimbing I
Mukhlis Hidayat - 198208312006041002 - Dosen Pembimbing II
Syahjuzar - 195705111988101001 - Penguji
Usman - 197412312001121003 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1706103020045
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kip (S1)., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide-ide matematika yang dapat berupa diagram, tabel, grafik, simbol matematika, model matematika, dan kata-kata sebagai alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan. Kemampuan representasi sangat penting dalam mempelajari matematika sehingga perlu dimiliki oleh setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa di SMP Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah mixed methods dengan jenis sekuensial eksplanatori. Subjek penelitian ialah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Sukamakmur. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan representasi matematis, kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan observasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa di SMP Negeri 1 Sukamakmur tergolong sedang dan rendah. Data hasil tes menunjukkan perolehan nilai rata-rata siswa dalam menyelesaikan soal tes hanya mencapai angka 32 dengan 3 siswa memperoleh nilai kategori tinggi atau 17,65% , 11 siswa dengan kategori sedang atau 58,82%, dan 4 siswa lainnya berada di kategori rendah atau 23,53% sementara itu berdasarkan wawancara ditemukan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal representasi yang diberikan.
Kata kunci: Representasi Matematis, Materi Lingkaran
Mathematical representation ability is the ability of students to express mathematical ideas which can be in the form of diagrams, tables, graphs, mathematical symbols, mathematical models, and words as tools to solve problems. The ability of representation is very important in learning mathematics so that every student needs to have it. This study aims to describe the mathematical representation ability of students at SMP Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar. The approach used in this research is mixed methods with explanatory sequential type. The research subjects were all grade IX students at SMP Negeri 1 Sukamakmur. Research data collection was carried out using a mathematical representation ability test instrument, then continued with interviews and observations of learning activities. The results showed that the mathematical representation ability of students at SMP Negeri 1 Sukamakmur was classified as moderate and low. The test result data shows that the average score of students in completing the test questions only reached 32 with 3 students getting a high category score or 17.65%, 11 students in the medium category or 58.82%, and 4 other students being in the low category. or 23.53%. Meanwhile, based on interviews, it was found that most of the students still had difficulties in understanding and working on the representation questions given. Keywords: Mathematical Representation, Circle Material
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN DENGAN KONTEKS KEPRAMUKAAN DI SMPN 8 BANDA ACEH (SUAIBATUL ASLAMIAH, 2019)
PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)
PURNAMA WITA, MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) (Purnama Wita, 2017)
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI MTSN MODEL BANDA ACEH (Nurhidayah, 2019)
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (Rahmah, 2015)