HUBUNGAN TINGKAT STRES AKADEMIK DENGAN GEJALA SOMATISASI PADA MAHASISWA RUMPUN KESEHATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN TINGKAT STRES AKADEMIK DENGAN GEJALA SOMATISASI PADA MAHASISWA RUMPUN KESEHATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH


Pengarang

SAFITRI SUCIYANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Zulfa Zahra - 198203292008122001 - Dosen Pembimbing I
Safrizal Rahman - 197104092000031001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1707101010094

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran (S1)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

616.98

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Stres akademik merupakan stres yang ditimbulkan dari beban akademik yang melampaui kemampuan menyesuaikan diri dari individu yang mengalaminya. Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa menyebabkan munculnya gejala somatisasi. Gejala somatisasi dapat menghambat aktivitas sehari-hari dan berpotensi memisahkan individu dari lingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat hubungan antara stres akademik dengan gejala somatisasi pada mahasiswa rumpun kesehatan Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan data primer. Sampel penelitian ini sebanyak 203 mahasiswa yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Pemilihan sampel menggunakan teknik propotionate stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan mengisi kuesioner online (gform) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat yang menggunakan uji spearman rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 134 mahasiswa (66%) mengalami tingkat stres akademik kategori sangat tinggi dan 51 mahasiswa (25,1%) mengalami tingkat kejadian gangguan somatisasi dengan kategori sedang. Analisis uji bivariat didapatkan p-value 0,001 ( p < 0,05 ). Kesimpulan terdapat hubungan signifikan antara stres akademik dengan gejala somatisasi pada mahasiswa rumpun kesehatan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Kata kunci : Stres Akademik, Gejala Somatisasi, Mahasiswa Rumpun Kesehatan

Academic stress is stress caused by academic burden that exceeds the ability to adjust to the individual who experiences it. Stress that is not managed properly can cause symptoms of somatization. Somatization symptoms can hinder daily activities and potentially separate individuals from their social environment. The purpose of this study was to determine whether there was a relationship between academic stress and symptoms of somatization in the health group of Syiah Kuala University students. This study uses an observational analytic design with a cross sectional using primary data. The sample of this study was 203 students consisting of the Faculty of Medicine, Faculty of Nursing, and Faculty of Dentistry, Syiah Kuala University, Banda Aceh. The sample was selected using the propotionate stratified random sampling technique. Data collection was done by filling out an online questionnaire (gform) which had been tested for validity and reliability. Data analysis used univariate analysis and bivariate analysis using spearman rank. The results of this study showed that 134 students (66%) experienced a very high level of academic stress and 51 students (25.1%) experienced a moderate level of somatization disorder. Bivariate test analysis obtained p-value 0.001 (p

Citation



    SERVICES DESK