FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFLASI DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFLASI DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

FENNY SATIANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0905102010065

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

332.41

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFLASI DI KOTA BANDA ACEH


Fenny Satiani / Agribisnis Unyiah


ABSTRAK

Penelitian dilakukan di Kota Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Inflasi di Kota Banda Aceh selama periode tahun 1999-2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder runtun waktu yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Aceh, Bank Indonesia, Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh dan Pertamina Provinsi Aceh. Model yang digunakan yaitu model analisis regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis variabel-variabel didalam penelitian ini. Secara ekonomi, hasil regresi menunjukkan bahwa untuk variabel suku bunga Bank Indonesia, jumlah uang beredar dan harga bahan bakar minyak tanda koefesien sudah sesuai dengan teori sedangkan upah minimum provinsi tanda koefesiennya tidak sesuai dengan teori.
Hanya variabel suku bunga Bank Indonesia yang tidak berpengaruh secara nyata terhadap variabel endogennya sedangkan variabel jumlah uang beredar, harga bahan bakar minyak, dan upah minimum provinsi berpengaruh nyata terhadap inflasi. Pengujian secara serempak menunjukkan jumlah uang beredar, suku bunga Bank Indonesia, harga bahan bakar minyak dan upah minimum provinsi memiliki pengaruh nyata terhadap inflasi pada tingkat kepercayaan 90 persen.

Kata kunci : Inflasi, Suku Bunga Bank Indonesia, Jumlah Uang Beredar, Upah Minimum Provinsi, Harga Bahan Bakar Minyak

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK