Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 7 KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Muhammad Iqbal - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Muhammad Okta Ridha Maulidian - 198810142014041001 - Dosen Pembimbing I
Novia Zalmita - 198711152015042002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1606101040007
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Geografi., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.15
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Iqbal, Muhammad. 2021. Hubungan Keaktifan Siswa dan Fasilitas Belajar Dengan
Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 7 Kota
Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) M. Okta Ridha Maulidian, S.Pd., M.Pd (2) Novia Zalmita, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: korelasi, keaktifan siswa, fasilitas belajar, hasil belajar.
Keberhasilan pencapaian pendidikan terutama ditentukan oleh proses
pembelajaran yang dialami siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah
diharapkan dapat meningkatkan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa.
Demi tercapainya tujuan pendidikan, diperlukan keseimbangan antara faktor-faktor
seperti: guru yang memiliki keterampilan baik dalam mengajar, siswa yang aktif dan
fasilitas belajar yang mendukung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
apakah terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa dan fasilitas belajar
dengan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 7 Kota Banda
Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara keaktifan siswa dan
fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas X SMA
Negeri 7 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh dengan jumlah sampel 88 siswa. Pengumpulan
data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data
dapat dikemukakan bahwa nilai koefisien regresi ganda Y = 70,92 + 0,08 X1 + 0,03 X2,
koefisien korelasi keaktifan siswa dengan hasil belajar sebesar 0,47 pada kategori
sedang, koefisien korelasi fasilitas belajar dengan hasil belajar sebesar 0,30 pada
kategori rendah dan koefisien korelasi keaktifan siswa dan fasilitas belajar dengan
hasil belajar secara bersama-sama sebesar 0,28 pada kategori rendah. Uji signifikansi
menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau 4 > 1,96 (keaktifan siswa dan fasilitas
belajar dengan hasil belajar) yang berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukan
adanya hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa dan fasilitas belajar dengan
hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS XI IS DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (FAHRINA, 2015)
HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PERILAKU BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IS SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Veradillah Yn, 2016)
HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA 5 BANDA ACEH (Hadi Fansuri, 2021)
HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mardiana, 2021)
PEMANFAATAN MUSEUM TSUNAMI ACEH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH (Lenni Muliana, 2015)