PENGARUH PENGGUNAAN SAPONIN DAN SERBUK BIJI PINANG TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) DAN KEAMANANNYA IKAN LELE) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PENGGUNAAN SAPONIN DAN SERBUK BIJI PINANG TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) DAN KEAMANANNYA IKAN LELE)


Pengarang

Sayed Faisal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0805101050105

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (S1) / PDDIKTI : 54211

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi saponin dan serbuk biji pinang terhadap mortalitas keong mas dan keamanannya terhadap biota air. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap non faktorial yang terdiridari 10 perlakuan dengan 3 ulangan, sehingga terdapat 30 unit percobaan. Peubah yang diamati meliputi:1). Persentase laju konsumsi keong mas, 2). Mortalitas Keong mas, 3). Waktu kematian keong mas, 4). Mortalitas ikan lele, 5). Waktu kematian ikan lele. Berdasarkan pengamatan seluruh peubah yang meliputi persentase laju konsumsi keong mas, mortalitas keong mas, waktu kematian keong mas, mortalitas ikan lele, waktu kematian ikan lele dapat dikatakan bahwa penggunaan saponin dan serbuk biji pinang pada dosis terendah telah menyebabkan mortalitas keong mas hingga 100%. Sedangkan penggunaan saponin dengan dosis ? 0,375 g/bak akan mengakibatkan kematian ikan lele ? 47,67%, sedangkan aplikasi serbuk biji pinang dengan dosis ? 6 g/bak akan mengakibatkan kematian ikan lele ? 43,33%. Tinggi rendah nya mortalitas mempengaruhi persentase laju konsumsi, persentase rata-rata waktu kematian.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK