//

PENGARUH LINTASAN TRAKTOR DENGAN MENGGUNAKAN BAJAK ROTARI TERHADAP PERUBAHAN SIFAT MEKANIKA DAN FISIKA TANAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chyci Paramita Sari - Personal Name
SubjectSOIL WORKING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

CHYCI PARAMITA SARI. 0705106010004. Pengaruh Lintasan Traktor dengan Menggunakan Bajak Rotari terhadap Perubahan Sifat Mekanika dan Fifika Tanah. Di bawah bimbingan Dr. Mustafril, ST, M.Si sebagai pembimbing utama dan Dewi Sri Jayanti, S.TP, M.Sc sebagai pembimbing anggota RINGKASAN Tanah adalah media tanam yang paling utama bagi tanaman, tanah mempunyai fungsi sebagai tempat tumbuh dan penguat berdirinya tanaman. Kegiatan pertanian sebelum dilakukan penanaman terlebih dahulu dilakukan pengolahan tanah dengan menggunakan cangkul, bajak dan alat-alat lainnya. Dalam bidang pertanian tidak diinginkan adanya kompaksi tanah selama pertumbuhan tanaman, pemadatan tanah yang disebabkan oleh lintasan roda berakibat terjadi kerusakan struktur tanah yaitu mempengaruhi kondisi sifat fisik dan mekanik tanah, pada akhirnya mempengaruhi penetrasi akar tanaman di dalam tanah yang berpengaruh terhadap hasil tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan sifat mekanika dan fisika tanah akibat pengaruh lintasan traktor dengan menggunakan bajak rotari terhadap pemadatan tanah. Penelitian ini menggunakan perancangan acak kelompok (RAK) faktorial dengan 3 ulangan. Faktor yang diteliti pada penelitian ini adalah : faktor pertama adalah pengaruh lintasan roda setelah pengolahan tanah yang terdiri atas 3 level yaitu : 1 kali lintasan (L1), 3 kali lintasan (L2), dan 5 kali lintasan (L3). Faktor kedua adalah pengaruh pengolahan tanah terdiri dari 2 level, yaitu : Pemadatan tanah pada bagian bajak rotari (P1) dan pemadatan tanah pada bagian roda (P2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengolahan tanah dengan menggunakan traktor berpengaruh terhadap sifat mekanika tanah sampai batas kedalaman tanah 0-30 cm, sedangkan pengolahan tanah dengan menggunakan beban rotavator pada tiga kali lintasan dapat mempengaruhi sifat fisika tanah seperti bobot isi tanah sebesar 1,245 g/cm3, porositas tanah 46,698%, permeabilitas tanah sebesar 1,640 cm/jam, dan kadar air tanah sebesar 24,082%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LINTASAN TRAKTOR RODA EMPAT DAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG BUNCIS (PHASEOLUS VULGARIS L.) (Asmar Wiranto Aritonang, 2017)

PENGARUH LINTASAN TRAKTOR DAN PEMUPUKAN FOSPAT TERHADAP PERUBAHN BEBERAPA SIFAT FISIKA-MEKANIKA TANAH DENGAN SAWI SEBAGAI TANAMAN INDIKATOR (Zulfikar, 2016)

PENGARUH LINTASAN TRAKTOR DENGAN MENGGUNAKAN BAJAK SINGKAL TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIKA-MEKANIKA TANAH DAN PERTUMBUHAN SERTA PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA L.) (Riska fahrunnisa zr, 2016)

PENGARUH LINTASAN TRAKTOR RODA EMPAT DAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SELADA (LACTUCA SATIVA L.) (DEVA YUSLIANTI, 2018)

KAJIAN KEDALAMAN PENGGUNAAN BAJAK SINGKAL TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIKA – MEKANIKA, KAPASITAS LAPANG DAN KEBUTUHAN BAHAN BAKAR (Dea Nizatillah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy