APLIKASI KOMPOS TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH, PERTUMBUHAN TANAMAN DAN KANDUNGAN HARA TANAMAN JAGUNG PADA LAHAN KERING INCEPTISOL KRUEUNG RAYA, ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

APLIKASI KOMPOS TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH, PERTUMBUHAN TANAMAN DAN KANDUNGAN HARA TANAMAN JAGUNG PADA LAHAN KERING INCEPTISOL KRUEUNG RAYA, ACEH BESAR


Pengarang

Ayu Rafika - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muyassir - 196404211993091001 - Dosen Pembimbing I
Zuraida - 196601281991032004 - Dosen Pembimbing II
Sufardi - 196211171987021001 - Penguji
Helmi - 196512311992031039 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1605108010007

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Ilmu Tanah (S1) / PDDIKTI : 54294

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

631.41

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ayu Rafika. 1605108010007. Aplikasi Kompos Terhadap Sifat Kimia Tanah, Pertumbuhan Tanaman Dan Kandungan Hara Tanaman Jagung Pada Lahan Kering Inceptisol Krueung Raya, Aceh Besar, dibimbing oleh Muyassir sebagai ketua dan Zuraida sebagai anggota.

RINGKASAN
Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu komoditas utama tanaman pangan yang mempunyai peranan strategis dalam hal pembangunan pertanian dan perekonomian nasional. Tanaman jagung dapat tumbuh berkembang dan berproduksi maksimum pada lahan kering, namum juga diperlukan tindakan dari pemupukan dan usaha untuk perbaikan-perbaikan yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta produktivitas tanah. Lahan kering memiliki potensi besar untuk pengembangan pertanian baik tanaman pangan, hortikultura, maupun tanaman perkebunan. Namun demikian, masalah biofisik menjadi faktor yang membatasi produktivitas lahan dan tanaman di Agrosistem ini. Kerusakan fungsi lahan sebagai media tumbuh seperti peka nya tanah terhadap erosi, unsur hara yang minim dan terbatasnya kandungan bahan organik merupakan permasalahan biofisik. Hal ini merupakan masalah yang sudah berlangsung lama di kalangan petani lahan kering yang memerlukan penanganan yang optimal untuk mendukung sistem pertanian berkelanjutan pada lahan kering.
Penelitian ini dilakukan pada lahan kering kebun percobaan Universitas Syiah Kuala di Desa Ie Seueum Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Analisis sampel tanah dilaksanakan di Laboratorium Tanah dan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2021. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos untuk perbaikan sifat kimia tanah, pertumbuhan tanaman dan kandungan hara tanaman jagung pada lahan kering.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan eksperimen lapangan yang dilanjutkan dengan penelitian di laboratorium dengan tahapan sebagai berikut: Percobaan lapangan dengan menanam jagung dan pertumbuhan tanaman jagung yang diberi perlakuan pupuk kompos dan Analisis sifat kimia tanah dan kandungan hara pada tanaman jagung. Parameter pada sifat kimia tanah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pH, C-organik, N-total, P-tersedia dan K-dd, sedangkan parameter kandungan hara tanaman jagung yang digunakan adalah N, P, K dan juga pengamatan lapangan yaitu mengukur tinggi tanaman jagung dan diameter batang tanaman jagung.
Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa pemberian kompos berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman jagung pada 15, 30 dan 45 hari setelah tanam dan juga berpengaruh nyata terhadap diameter batang tanaman jagung pada 15, 30 dan 45 hari setelah tanam. Hasil analisis tanah tanaman jagung menunjukkan bahwa pemberian kompos berpengaruh sangat nyata terhadap C-organik tanah dan tidak berpengaruh nyata terhadap pH, N,P,K tanah. Hasil dari analisis kandungan hara tanaman jagung tidak berpengaruh nyata terhadap N,P,K tanaman jagung.

Citation



    SERVICES DESK