KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNINGRNPADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS TINGGI RNSDN 2 JEUMPET ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNINGRNPADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS TINGGI RNSDN 2 JEUMPET ACEH BESAR


Pengarang

MAULANA AKBAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mislinawati - 198101042008122002 - Dosen Pembimbing I
Fauzi - 195904091986031012 - Dosen Pembimbing II
Monawati - 195705261981032001 - Penguji
Nurhaidah M. Insya Musa - 195703211979032002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104040088

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Akbar, Maulana 2022. Kendala Guru Dalam Menerapkan Model Discovery learning
Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Tinggi SDN 2 Jeumpet Aceh Besar
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan, Univestitas Syiah Kuala.

Pembimbing :

(1) Mislinawati, S.Pdi,M.Pd.



(2) Drs Fauzi, M.Pd.
Kata Kunci: Kendala guru, Model Discovery Learning, dan Pembelajaran
Tematik
Didalam kegiatan belajar tidak selamanya berhasil, terkadang juga
mengalami hambatan-hambatan. Berdasarkan observasi awal, pembelajaran yang
dilakukan masih didominasi dengan penugasan dan latihan, guru belum sepenuhnya
menggunakan langkah-langkah yang dituangkan dalam model Discovery Learning.
Seharusnya guru menerapkan model-model yang berguna mengaktifkan peserta didik
dalam belajar sehingga peserta didik dapat menemukan konsep sendiri tentang materi
yang diajarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kendala apa saja yang
dialami guru dalam menerapkan model Disovery learning pada pembelajaran tematik
di kelas tinggi di SD Negeri 2 Jeumpet Aceh Besar
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah 3 guru, yaitu kelas IV, V, dan VI. SDN 2
Jeumpet Aceh Besar. Teknik pengumpulan data melalui observasi di dalam kelas
dan wawancara dengan guru tentang pembelajaran tematik yang menggunakan
model Discovery learning. Analisis data dalam penelitian model Discovery Learning
dengan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil analisis data wawancara dan observasi di kelas IV,V, dan VI guru
menerapkan model Discovery learning pada pembelajaran tematik dengan baik
sesuai dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. Sedangkan kendala guru
hanya di kemampuan siswa yang lambat dalam keterampilan akademik,keterampilan
belajar, sangat lambat dalam belajar, kurangnya motivasi belajar didalam
pemahaman materi, sehingga berdampak pada kemampuan siswa itu untuk
menemukan sendiri. Saran kepada guru untuk terus menerapkan Discovery
Learning. Kendala dalam menerapkan model Discovery Learning Sifatnya lebih
pada faktor external, yaitu tentang kemampuan siswa SDN 2 Jeumpet relatif rendah,
hal ini berdampak kepada proses akhir diharapkan yaitu menemukan sendiri konsep
atau prinsip tidak terjadi sehingga siswa terbiasa dalam pembelajaran Discovery
Learning dan aktif dalam pembelajaran.


Citation



    SERVICES DESK