Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNINGRNPADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS TINGGI RNSDN 2 JEUMPET ACEH BESAR
Pengarang
MAULANA AKBAR - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Mislinawati - 198101042008122002 - Dosen Pembimbing I
Fauzi - 195904091986031012 - Dosen Pembimbing II
Monawati - 195705261981032001 - Penguji
Nurhaidah M. Insya Musa - 195703211979032002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1606104040088
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Akbar, Maulana 2022. Kendala Guru Dalam Menerapkan Model Discovery learning
Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Tinggi SDN 2 Jeumpet Aceh Besar
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan, Univestitas Syiah Kuala.
Pembimbing :
(1) Mislinawati, S.Pdi,M.Pd.
(2) Drs Fauzi, M.Pd.
Kata Kunci: Kendala guru, Model Discovery Learning, dan Pembelajaran
Tematik
Didalam kegiatan belajar tidak selamanya berhasil, terkadang juga
mengalami hambatan-hambatan. Berdasarkan observasi awal, pembelajaran yang
dilakukan masih didominasi dengan penugasan dan latihan, guru belum sepenuhnya
menggunakan langkah-langkah yang dituangkan dalam model Discovery Learning.
Seharusnya guru menerapkan model-model yang berguna mengaktifkan peserta didik
dalam belajar sehingga peserta didik dapat menemukan konsep sendiri tentang materi
yang diajarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kendala apa saja yang
dialami guru dalam menerapkan model Disovery learning pada pembelajaran tematik
di kelas tinggi di SD Negeri 2 Jeumpet Aceh Besar
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah 3 guru, yaitu kelas IV, V, dan VI. SDN 2
Jeumpet Aceh Besar. Teknik pengumpulan data melalui observasi di dalam kelas
dan wawancara dengan guru tentang pembelajaran tematik yang menggunakan
model Discovery learning. Analisis data dalam penelitian model Discovery Learning
dengan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil analisis data wawancara dan observasi di kelas IV,V, dan VI guru
menerapkan model Discovery learning pada pembelajaran tematik dengan baik
sesuai dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. Sedangkan kendala guru
hanya di kemampuan siswa yang lambat dalam keterampilan akademik,keterampilan
belajar, sangat lambat dalam belajar, kurangnya motivasi belajar didalam
pemahaman materi, sehingga berdampak pada kemampuan siswa itu untuk
menemukan sendiri. Saran kepada guru untuk terus menerapkan Discovery
Learning. Kendala dalam menerapkan model Discovery Learning Sifatnya lebih
pada faktor external, yaitu tentang kemampuan siswa SDN 2 Jeumpet relatif rendah,
hal ini berdampak kepada proses akhir diharapkan yaitu menemukan sendiri konsep
atau prinsip tidak terjadi sehingga siswa terbiasa dalam pembelajaran Discovery
Learning dan aktif dalam pembelajaran.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMPNEGERI 1 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN (Taufik hidayat, 2013)
KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH. (Dian Julianti, 2017)
PEMBELAJARAN SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKANRN MODEL DISCOVERY LEARNING( KURIKULUM 2013 )RNDI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (LAINA ZUMIRA, 2015)
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS TINGGI SD NEGERI LAMTHEUN ACEH BESAR (FAISAL ALAM, 2020)
KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 8 BANDA ACEH (RAUDHATUL MAISARA, 2021)