//

PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN TERHADAP TATALAKSANA HIPERTENSI DI POLIKLINIK RAWAT JALAN ILMU PENYAKIT DALAM RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M.R. Fahlawi - Personal Name
SubjectPATIENT PERCEPTION
HYPERTENSION - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hipertensi (darah tinggi) merupakan penyebab kematian yang paling utama diseluruh dunia pada paruh kedua abad ke 20 dengan menyisakan kecacatan yang merupakan konsekuensi dari penyakit kardiovaskular, Hipertensi merupakan penyakit dimana terjadinya peningkatan tekanan darah yang berlangsung secara terus menerus. Penyakit hipertensi apabila tidak dikontrol dengan baik maka akan menimbulkan komplikasi atau efek yang sangat berbahaya. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan atau perilaku seseorang. Perilaku yang didasari oleh pengetahuan dan sikap yang positif akan menetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan dan sikap pasien terhadap tatalaksana hipertensi di Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan Quota Sampling. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 75 orang. Dari analisis data dapat diketahui bahwa mayoritas jenis kelamin responden laki-laki yaitu 39 orang (58,0%) umur responden mayoritas (46-60) yaitu 36 orang (48,0%) pendidikan responden mayoritas adalah perguruan tinggi yaitu 30 orang (40,0%). Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan pasien tentang tatalaksana hipertensi mayoritas dikategorikan baik yaitu sebanyak 39 orang (5,0%). Sedangkan sikap pasien terhadap tatalaksana hipertensi cenderung kurang baik yaitu sebanyak 41 orang (54,7%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan pengetahuan pasien sudah baik, namun tidak diikuti dengan sikap yang baik dalam tatalaksana hipertensi. Kata Kunci: Hipertensi, Pengetahuan, Sikap

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GEJALA DEPRESI PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK JANTUNG RSUDZA BANDA ACEH (Qanita Iqbal, 2016)

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN FUNGSI KOGNITIF (Defira Rosa Amalia, 2014)

GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK GINJAL DAN HIPERTENSI RSUDZA BANDA ACEH (FADHLUL HUDA SUARDI, 2015)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO DIABETES MELLITUS TIPE II PADA PASIEN POLI ENDOKRIN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Maulida, 2013)

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MENDUKUNG KEPATUHAN PASIEN DENGAN MOTIVASI DALAM MENJALANI TERAPI HIPERTENSI DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (putri khairat, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy