HUBUNGAN SELF EFFICACY TERHADAP KECEMASAN DAN KEMAMPUAN BERADAPTASI MAHASISWA PADA TAHUN PERTAMA MENGIKUTI PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN SELF EFFICACY TERHADAP KECEMASAN DAN KEMAMPUAN BERADAPTASI MAHASISWA PADA TAHUN PERTAMA MENGIKUTI PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI


Pengarang

PUSPA RAFNADILA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Aiyub - 197405312006041005 - Dosen Pembimbing I
Elka Halifah - 198404072014012101 - Dosen Pembimbing II
Muhammad Yusuf - 196908141992031005 - Penguji
Sri Novitayani - 198011272015042002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1712101010072

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET DAN
TEKNOLOGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN

SKRIPSI
14 Desember 2021

xv + VI BAB + 71 halaman + 12 tabel + 1 skema + 13 lampiran

PUSPA RAFNADILA
1712101010072

HUBUNGAN SELF EFFICACY TERHADAP KECEMASAN DAN KEMAMPUAN BERADAPTASI MAHASISWA PADA TAHUN PERTAMA MENGIKUTI PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI

ABSTRAK
Kecemasan merupakan keadaan emosi dan perasaan khawatir yang sering terjadi pada mahasiswa tahun pertama mengikuti pendidikan perguruan tinggi tidak hanya itu kemampuan beradaptasi juga sering di alami mahasiswa tahun pertama dimana suasana lingkungan baru membuat mereka harus menyesuaikan diri agar mampu bertahan dilingkungan tersebut dan self efficacy diduga berhubungan dengan penurunan tingkat kecemasan dan kemampuan beradaptasi pada mahasiswa tahun pertama mengikuti perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy terhadap kecemasan dan kemampuan beradaptasi mahasiswa pada tahun pertama mengikuti pendidikan perguruan tinggi di Universitas Syiah Kuala. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling dengan jumlah sampel 224 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga kuesioner baku yaitu General Self Efficacy (GSE), Zung Self Rating Anxiety Scale (ZRAS), dan College Adjustment Scale (CAS). Analisis bivariat menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan self efficacy terhadap kecemasan pada mahasiswa tahun pertama mengikuti pendidikan perguruan tinggi di Universitas Syiah Kuala (p-value 0,000) dan ada hubungan self efficacy terhadap tingkat kemampuan beradaptasi pada mahasiswa tahun pertama mengikuti pendidikan perguruan tinggi di Universitas Syiah Kuala (p-value 0,002). Dan disarankan kepada mahasiswa agar yakin terhadap diri sendiri serta dosen yang dapat memberikan bimbingan dan arahan pada mahasiswa agar tidak cemas dan mampu beradaptasi dalam perkuliahan ditahun pertama.

Kata Kunci : Self Efficacy, Kecemasan, Adaptasi
Daftar Bacaan : 14 buku, 10 skripsi, 28 jurnal, 2 artikel (1997 -2020)

MINISTRY OF EDUCATION, CULTURE, RESEARCH, AND TECHNOLOGY UNIVERSITAS SYIAH KUALA NURSING FACULTY UNDERGRADUATE THESIS 14 December, 2021 xv + VI chapters + 71 pages + 12 tables + 1 scheme + 13 appendices PUSPA RAFNADILA 1712101010072 THE RELATIONSHIP OF SELF EFFICACY TOWARDS ANXIETY AND STUDENTS' ADAPTABILITY IN THE FIRST YEAR OF HIGHER EDUCATION ABSTRACT Anxiety is an emotional state and feeling of worry that often occurs in first year students attending college education, not only that, the ability to adapt is also often experienced by first year students where the new environment makes them have to adapt to be able to survive in that environment and self-efficacy is thought to be related to decreased levels of anxiety and adaptability in first year college students. This study aims to determine the relationship of self-efficacy to anxiety and adaptability of students in the first year of attending higher education at Syiah Kuala University. The sampling technique in this study was random sampling with a total sample of 224 respondents. Data collection techniques used three standardized questionnaires, namely General Self Efficacy (GSE), Zung Self Rating Anxiety Scale (ZRAS), and College Adjustment Scale (CAS). Bivariate analysis using Chi-Square. The results showed that there was a relationship between self-efficacy and anxiety in first-year students attending college at Syiah Kuala University (p-value 0.000) and there was a relationship between self-efficacy and adaptability in first-year students attending higher education at Syiah Kuala University (P-value 0.000). p-value 0.002). And it is recommended for students to be confident in themselves and lecturers who can provide guidance and direction to students so that they are not anxious and are able to adapt in lectures in the first year. Keywords : Self Efficacy, Anxiety, Adaptation References : 14 books, 10 these, 28 journals, 2 online website (1997 -2020).

Citation



    SERVICES DESK