PEMETAAN PERKEMBANGAN HASIL PENELITIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA RNFKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALARNTAHUN 2007 S.D. 2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMETAAN PERKEMBANGAN HASIL PENELITIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA RNFKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALARNTAHUN 2007 S.D. 2013


Pengarang

SITI FATIMAH ZUHRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103020040

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

510.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Pemetaan, Penelitian, Skripsi, Pendidikan Matematika
Pemetaan penelitian merupakan suatu gambaran terhadap skripsi mahasiswa yang tidak dipublikasi untuk ditelaah berdasarkan aspek kajian tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan hasil penelitian mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini membatasi pada sejumlah skripsi mahasiswa dari tahun 2007 sampai 2013. Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan sejumlah penjelasan secara deskriptif. Proses pengumpulan data yang dilakukan terhadap sejumlah skripsi mahasiswa secara keseluruhan disebut sebagai tenik total sampling (persentase). Aspek yang dikaji diantaranya: 1) aspek jenis topik penelitian; 2) aspek penggunaan strategi pembelajaran; 3) aspek materi pembelajarana; 4) aspek sumber referensi; 5) aspek teknik pengolahan data; dan 6) aspek jenis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis diperoleh: 1) pada aspek jenis topik penelitian sebagian besar(40,68%) mahasiswa memilih topik penelitian mengenai penggunaan model pembelajaran matematika terhadap materi matematika; 2) pada aspek penggunaan strategi pembelajaran sebagian besar(31,12%)mahasiswa menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam skripsinya, sebagian besar (1,05%) mahasiswa menggunakan metode pembelajaran inkuiri dalam skripsinya, sebagian besar (4,01%) mahasiswa menggunakan pendekatan pembelajaran realistik dalam skripsinya, dan sebagian besar (0,24%) mahasiswa menggunakan teknik pembelajaran metafora dalam skripsinya; 3) pada aspek materi pembelajaran sebagian besar(37,16%)mahasiswa memilih kelompok materi aljabar pada skripsinya; 4) pada aspek sumber referensi sebagian besar(72,20%) menggunakan buku sebagai pedoman penulisan skripsi; 5) pada aspek teknik pengolahan data sebagian besar(55,66%) mahasiswa menggunakan statistik deskriptif; dan 6) pada aspek jenis penelitian sebagian besar(51,54%) menggunakan penelitian kualitatif. Secara keseluruhan pemetaan ini menggambarkan tidak meratanya sejumlah aspek yang diamati. Penelitian ini memberikan kesinambungan terhadap penelitian berikutnya yang bersifat komprehensif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK