HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP USK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP USK


Pengarang

M. AGUNG APRILIADI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Abdul Wahab - 195912311988031017 - Dosen Pembimbing I
Daska Azis - 197701012006041003 - Penguji
Novia Zalmita - 198711152015042002 - Penguji
Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101040055

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Geografi., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.154

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Prokrastinasi akademik merupakan permasalahan umum yang dihadapi oleh mahasiswa. Perilaku menunda-nunda untuk memulai dan menyelesaikan tugas-tugas akademik yang dialami oleh mahasiswa karena beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku prokrastinasi akademik adalah motivasi belajar dan efikasi diri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK aktif kuliah yang berjumlah 379 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 152 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup berbantuan media whatsapp dan google form. Analisis data dilakukan dengan penghitungan korelasi ganda dan uji signifikansi. Hasil penghitungan korelasi ganda sebesar 0,11, termasuk kategori rendah dengan Koefisien Determinasi sebesar 1,17%. Nilai penghitungan signifikansi diperoleh sebesar 0,91 dengan Ftabel = 3,06 dengan kriteria Fhitung < Ftabel sehinga Ha ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK