PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA SWASTA ABULYATAMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA SWASTA ABULYATAMA


Pengarang

FATIMAH SARA FADILLA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mawardi - 196803281993031001 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Haikal - 198808302017031101 - Dosen Pembimbing II
Muhjam Kamza - 198912072017031101 - Penguji
abdul azis - - - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101020049

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Sejarah., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Fatimah Sara Fadilla. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMA Swasta Abulyatama”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Mawardi, M.Hum, MA (2) Muhammad Haikal, S.Pd,M.Pd,
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Tea Party, keaktifan belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tea party pada mata pelajaran sejarah terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI SMA Swasta Abulyatama.Adapunlatar belakang dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa karena proses pembelajaran hanya berfokus pada pembentukan kelompok diskusi dan juga ceramah yang dapat memancing rasa bosan dari peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang dipilih dalan penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa model pembelajaran kooperatif tipe tea party pada mata pelajaran sejarahberpengaruh terhadap keaktifan belajar siswakelas XI SMA Swasta Abulyatama, hal ini dibuktikan melalui lembar observasi yang mencakup presentase keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar siswa saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tea partymendapatkan presentase sebesar 92,5% dengan peningkatan dari observasi sebelumnya sebesar 47,5%. Perkembangan ini ditujukan dengan adanya keterlibatan aktif sebagian besar siswa saat proses pembelajaran berlangsung sehingga menandakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe tea partyberpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Model pembelajaran kooperatif tipe tea party dapat menciptakan suasana kelas yang aktif, efiktif dan juga menyenangkan sehingga diharapkan kepada para guru dapat memilih model ini untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Citation



    SERVICES DESK