//

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF BERMAIN JAWABAN RNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MATERI MEMELIHARA SEMANGAT PERSATUAN INDONESIA RNPADA SISWA KELAS VII-7 SMP NEGERI 8 RNKOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ida maryati - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci :Metode, aktif bermain jawaban,hasilbelajar, PPKn Penelitian ini berjudul “Penerapan metode pembelajaran aktif bermain jawaban untuk meningkatkan hasil belajar PPKn melalui materi memelihara semangat persatuan indonesia pada siswa kelas VII-7 SMP Negeri 8 Kota Banda Aceh”. Metode pembelajaran aktif bermain jawaban adalah salah satu metode yang melibatkan semua peserta didik dari awal sampai akhir dalam sebuah permainan. Dalam permainan tersebut peserta didik ditantang untuk mencari jawaban yang benar kemudian guru mengajar dengan menggunakan jawaban yang ditemukan oleh peserta didik. Rumusan masalah adalah (1) bagaimanakah aktivitas guru untuk menumbuhkan kreatifitas berfikir siswa kelas VII-7 SMPN Kota Banda Aceh, (2) apakah penerapan metode pembelajaran aktif bermain jawaban dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui materi memelihara semangat persatuan indonesia pada siswa kelas VII-7 SMPN Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas guru dalam pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran aktif bermain jawaban dapat menumbuhkan kreativitas siswa.; (2) Peningkatan hasil belajar PPKn siswa kelas VII-7 SMP Negeri 8 Kota Banda Aceh yang diajarkan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif bermain jawaban Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 8 Kota Banda Aceh yang berjumlah 23 siswa; (1) Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran Aktif Bermain jawaban pada materi memelihara semangat persatuan Indonesia pada siswa kelas VII-7 SMP Negeri 8 Kota Banda Aceh dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari segi persentase ketuntasan secara individual dan klasikal meningkat dari siklus I 52.17 menjadi 86,95; (2) Aktivitas guru meningkat pada siklus I hasil pengamatan terhadap aktivitas guru 3,3 dalam kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 4,4 dalam kategori baik. Mengingat metode pembelajaran aktif bermain jawaban dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn pada materi Memelihara Semangat Persatuan Indonesia, maka disarankan kepada guru PPKn untuk menggunakan metode pembelajaran aktif bermain jawaban pada materi-materi PPKn yang dianggap sesuai, disarankan kepada guru lain untuk dapat menvariasikan metode pembelajaran aktif bermain jawaban dengan komponen pembelajaran lainnya. Diharapkan kepada pihak instansi terkait agar lebih banyak memberikan pelatihan dan penataran kepada guru, dalam hal pemilihan metode-metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dan mutu pendidikan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Khairina Idzni, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA ACEH (Mulyadi, 2021)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy