//

DISTRIBUSI VERTIKAL HYPOTHENEMUS HAMPEI DAN EFEKTIVITAS KETINGGIAN LETAK PERANGKAP DALAM PENGENDALIANNYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juwita Fintasari - Personal Name
SubjectCOFFEE - AGRICULTURAL ECONOMICS
PLANT PEST CONTROL - PLANT PHYSIOLOGY
PEST CONTROL - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hypothenemus hampei merupakan hama utama pada tanaman kopi yang menyebabkan kerugian secara nyata terhadap produksi kopi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran populasi hama Hypothenemus hampei secara vertikal dan untuk menentukan tinggi pemasangan perangkap yang terbaik dalam mengendalikan hama Hypothenemus hampei pada perkebunan kopi. Penelitian ini telah dilakukan di Kabupaten Aceh Tengah dan identifikasi dilakukan di Laboratorium Zoologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala, dari Mei hingga Juli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri atas dua faktor perlakuan dan lima ulangan. Faktor pertama adalah ketinggian perkebunan (800-850, 1.000-1.050, 1.200-1.250, dan 1.400-1.450 m dpl) sedangkan faktor kedua adalah ketinggian perangkap (0,5; 1,0; 1,5 dan 2,0 m di atas permukaan tanah). Data dianalisis dengan menggunakan analisis non parametrik Kruskal-Wallis dan dilanjutkan dengan uji lanjut Mann-Whitney Test. Parameter dalam penelitian ini adalah jumlah individu hama Hypothenemus hampei yang terperangkap pada masing-masing ketinggian perangkap dan ketinggian perkebunan. Sebaran hama H. hampei lebih banyak pada ketinggian 800-850 m dpl dibandingkan pada ketinggian perkebunan lainnya. Hasil analisis Kruskal-wallis menunjukkan bahwa ketinggian perkebunan dan ketinggian perangkap berpengaruh nyata (P

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DISTRIBUSI VERTIKAL HYPOTHENEMUS HAMPEI DAN EFEKTIVITAS KETINGGIAN LETAK PERANGKAP DALAM PENGENDALIANNYA (Juwita Fintasari, 2014)

POLA DISTRIBUSI DAN EVALUASI TINGKAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (HYPOTHENEMUS HAMPEI) PADA PERKEBUNAN KOPI ARABIKA DI BENER MERIAH (MILDA GEMASIH, 2021)

PENGARUH EKSTRAK BIJI PINANG DAN KULIT BUAH JENGKOL TERHADAP MORTALITAS HAMA KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA LAMARCK) (sarfuan, 2015)

PENGARUH VARIETAS DAN DOSIS KOMPOS YANG DIPERKAYA TRICHODERMA HARZIANUM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) (CHRISTINA SEPWANTI, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN NAUNGAN DAN APLIKASI DOSIS KOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PEGAGAN (Taslima, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy