THE INVESTIGATION OF PSYCHOLOGICAL PROBLEMS FACED BY EFL LEARNERS IN SPEAKING | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

THE INVESTIGATION OF PSYCHOLOGICAL PROBLEMS FACED BY EFL LEARNERS IN SPEAKING


Pengarang

NANDA ASTUTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Siti Sarah Fitriani - 198108242008122001 - Dosen Pembimbing I
Kismullah - 198104232008121001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706202020028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa Inggris (S2) / PDDIKTI : 88103

Penerbit

Banda Aceh : Prog.Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris., 2022

Bahasa

English

No Classification

418

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak
Nama : Nanda Astuti
NPM : 1706202020028
Program Studi : S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Jurusan : Bahasa Inggris
Judul : The Investigation of Psychological Problems Faced by EFL Learners in Speaking (A Study at MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh)
Kata Kunci: Masalah Psikologi, Berbicara, Pelajar Bahasa Asing
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki masalah psikologis yang dihadapi oleh siswa di sekolah MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh dalam berbicara bahasa Inggris serta mengkaji faktor-faktor yang menyebabkan masalah tersebut dan usaha apa saja yang telah dilakukan siswa untuk mengatasi masalah tersebut. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed-method study). Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada enam puluh empat siswa, sedangkan wawancara dilakukan dengan sepuluh siswa. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif (rumus frekuensi dan persentase), dan analisis data kualitatif model interaktif (kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa masalah psikologis yang paling umum dihadapi siswa adalah ketakutan membuat kesalahan diikuti dengan kecemasan berbicara, kurang percaya diri, rasa malu, dan kurangnya motivasi. Masalah-masalah tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan mereka dalam berbahasa Inggris, suasana belajar yang tidak mendukung, kurangnya latihan berbicara, sikap negatif terhadap bahasa Inggris, takut diejek dan diremehkan oleh teman, takut disalahpahami, dan takut terlihat bodoh. Untuk mengatasi masalah tersebut, siswa melakukan berbagai upaya seperti berpura-pura tidak panik, membuat lelucon, meminta bantuan teman, mempersiapkan diri sebelum berbicara, menghindari kontak mata, mengajak teman untuk berlatih bahasa Inggris, memotivasi diri untuk berbicara bahasa Inggris dengan membaca buku motivasi atau menonton video motivasi, dll. Berkaitan dengan hal ini, guru bahasa Inggris disarankan agar mendorong siswa untuk berhenti berpikir bahwa bahasa Inggris itu sulit untuk dipelajari, berhenti mengkhawatirkan penilaian teman, dan berhenti memikirkan kesalahan yang mungkin mereka buat ketika berbicara bahasa Inggris di ruang kelas. Selain itu, guru juga diharapkan agar terus memfasilitasi siswa untuk berbicara bahasa Inggris di dalam kelas serta terus mendorong siswa untuk berlatih bahasa Inggris dengan teman sebaya atau teman sekelas mereka.

Abstract Name : Nanda Astuti Students No. : 1706202020028 Study Program : Magister Degree in English Education Department : English Education Title : The Investigation of Psychological Problems Faced by EFL Learners in Speaking (A Study at MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh) Keywords: Psychological Problems, Speaking, EFL Learners This study aims to investigate the psychological problems perceived by the students at MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh in speaking English and to examine factors leading to the problems as well as the students' efforts to cope with the problems. A mixed-method design was used in conducting this study. Data collection was done by distributing a questionnaire to sixty-four participants and interviews conducted with ten participants. The data were analyzed using quantitative data analysis (frequency and percentage formula), and interactive models of qualitative data analysis (data condensation, data display, and conclusion drawings). The findings revealed that the most common psychological problems faced by the students were fear of making mistakes with followed by speaking anxiety, lack of confidence, shyness, and lack of motivation. Those problems were caused by their inability to speak English, an unsupportive learning atmosphere, less speaking practice, negative attitude towards English, afraid of being mocked and underestimated by friends, afraid of being misunderstood, and terrified of appearing foolish. To cope with the problems, the students did many efforts such as pretending not to be panicked, making jokes, asking friends’ help, preparing before speaking, avoiding eye contact, inviting friends to practice English, motivating themselves to speak English by reading a motivational book or watching motivational videos, etc. In this regard, it was suggested that the teacher should encourage students to stop thinking that English is difficult to learn, stop worrying about friends’ judgments, and stop thinking about mistakes they possibly made when speaking English in the classrooms. Besides, the teacher should encourage students to practice English with peers or their classmates.

Citation



    SERVICES DESK