EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MEULABOH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MEULABOH


Pengarang

ARINIR RAHMI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Razali - 196112211987031002 - Dosen Pembimbing I
Armia - 197108221998021001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706102010045

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Bahasa Indonesia., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Rahmi, Arinir. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Meulaboh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Drs. Razali, M.Pd., (2) Armia, S.Pd., M.Hum.
Kata kunci : efektivitas, pembelajaran daring
Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Meulaboh”. Penelitian ini mengkaji masalah (1) bagaimana pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Meulaboh berlangsung, (2) apa saja keuntungan dan kendala yang menjadi kelemahan dari pembelajaran daring, dan (3) bagaimana tingkat efektivitas pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Meulaboh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran daring, mengetahui keuntungan dan kendala yang menjadi kelemahan pembelajaran daring serta mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah diterapkan di SMK Negeri 4 Meulaboh. Manfaat penelitian ini untuk melihat efektivitas pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 57 orang siswa kelas XI SMK Negeri 4 Meulaboh dan sampelnya adalah 30 orang siswa kelas XI SMK Negeri 4 Meulaboh yang bertindak sebagai responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Meulaboh berjalan dengan cukup baik; (2) keuntungan dari pembelajarn daring yaitu lebih fleksibel dan kendala yang dialami dalam pembelajaran daring yaitu lemahnya akses jaringan internet, habisnya kuota di tengah proses pembelajaran sehingga materi pembelajaran tidak tersampaikan dengan baik, sehingga ini menjadi kelemahan dari pembelajaran daring; dan (3) pembelajaran daring yang diterapkan kepada siswa di SMK Negeri 4 Meulaboh tidak efektif dikarenakan pencapain rata-rata siswa pada saat pembelajaran daring sesuai dengan data nilai siswa yaitu 61,7, ini tidak memenuhi KKM yang telah ditetapkan.

ABSTRACT Rahmi, Arinir. 2021. Effectiveness of Online Learning for Indonesian Language Subjects for Class XI Students of SMK Negeri 4 Meulaboh. Thesis, Indonesian Language Education Study Program, Department of Indonesian Language, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisor: (1) Dr. Drs. Razali, M.Pd., (2) Armia, S.Pd., M.Hum. Keywords: effectiveness, online learning This research is entitled "The Effectiveness of Online Learning for Indonesian Language Subjects for Class XI Students of SMK Negeri 4 Meulaboh". This study examines the problems of (1) how online learning at SMK Negeri 4 Meulaboh takes place, (2) what are the advantages and disadvantages of online learning, and (3) how is the level of effectiveness of online learning at SMK Negeri 4 Meulaboh. The purpose of this study was to determine the online learning process, to find out the advantages and disadvantages of online learning and to determine the level of effectiveness of online learning for Indonesian subjects that have been implemented at SMK Negeri 4 Meulaboh. The benefit of this research is to see the effectiveness of online learning. This study uses a descriptive quantitative approach. The population of this study was 57 students of class XI of SMK Negeri 4 Meulaboh and the sample was 30 students of class XI of SMK Negeri 4 Meulaboh who acted as respondents. This study uses data collection techniques of observation, questionnaires and interviews. Data analysis was carried out by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study indicate (1) online learning at SMK Negeri 4 Meulaboh is running quite well; (2) the advantages of online learning are that it is more flexible and the obstacles experienced in online learning are the weak internet network access, the quota runs out in the middle of the learning process so that learning materials are not delivered properly, so this is a weakness of online learning; and (3) online learning that is applied to students at SMK Negeri 4 Meulaboh is not effective because the average achievement of students during online learning is in accordance with student score data, which is 61.7, this does not meet the KKM that has been set.

Citation



    SERVICES DESK