HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR


Pengarang

Eva Surianingsih - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Husen - 195703271986031004 - Dosen Pembimbing I
Nurhasanah - 195911181986032002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104030014

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Eva Surianingsih, 2021, Hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa Di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar, Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing.
(1) Drs. M. Husen, M.Pd (2) Dra. Nurhasanah, M.Pd

Bimbingan orang tua adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan secara terus menurus oleh orang tua terhadap anak dalam mengatasi atau memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Bimbingan orangtua berpengaruh terhadap kemandirian belajar anak dikarenakan kemandirian merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah secara bebas dan menumbuhkan rasa inisiatif untuk melakukan sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan orang dengan kemandirian belajar siswa di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui angket skala likert. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 1 dan 2 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 34 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normatif dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa 1) Gambaran bimbingan orangtua siswa SMPN 1 Darussalam Aceh Besar berada pada kategori tinggi. Hal tersebut terlihat dari jumlah frekuensi jawaban dimana pada umumnya siswa yaitu 16 orang atau sebesar 47,1 % berada dalam kategori tinggi. 2) Gambaran kemandirian belajar siswa SMPN 1 Darussalam Aceh Besar berada pada kategori tinggi. Hal tersebut terlihat dari jumlah frekuensi jawaban dimana pada umumnya siswa yaitu 14 orang atau sebesar 41,2 % berada dalam kategori tinggi. 3) Terdapat hubungan yang positif antara bimbingan dengan kemandirian belajar siswa pada SMPN 1 Darussalam, sehingga hipotesis Ha dapat dinyatakan diterima kebenarannya. Hal tersebut di lihat berdasarkan nilai r tabel dengan df 40 (alpha = 0,05) maka ditemukan r hitung sebesar 0,476. Apabila dihubungan dengan nilai r tabel 0,476 maka r hitung > r tabel. Artinya bimbingan orangtua berhubungan secara positif dengan kemandirian belajar siswa.


Kata Kunci : Bimbingan orangtua, Kemandirian belajar

Eva Surianingsih, 2021, Relationship between Parental Guidance and Independent Learning of Students at SMPN 1 Darussalam Aceh Besar, Thesis. Counseling Guidance Department, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Advisor. (1) Drs. M. Husen, M.Pd (2) Dra. Nurhasanah, M.Pd Parental guidance is assistance or assistance given continuously by parents to children in overcoming or solving problems they face. Parental guidance affects children's learning independence because independence is the ability possessed by a person to solve a problem freely and foster a sense of initiative to do something. This study aims to determine the relationship between personal guidance and student learning independence at SMPN 1 Darussalam Aceh Besar. This type of research is descriptive correlational with a quantitative approach and data collection techniques through Likert scale questionnaires. The research population was all students in grades 1 and 2 which consisted of 2 classes totaling 34 students. The measuring instrument used is validity test, reliability test, normative test and linearity test. The data analysis technique used in this research is descriptive percentage analysis and correlation analysis. Based on the results of the research and data analysis, it was concluded that 1) The description of parental guidance of SMPN 1 Darussalam Aceh Besar students was in the high category. This can be seen from the number of answers where in general students, namely 16 people or 47.1% are in the high category. 2) The description of the learning independence of the students of SMPN 1 Darussalam Aceh Besar is in the high category. This can be seen from the number of answers where in general students, namely 14 people or 41.2% are in the high category. 3) There is a positive relationship between guidance and student learning independence at SMPN 1 Darussalam, so that the hypothesis Ha can be stated as true. This can be seen based on the value of r table with df 40 (alpha = 0.05), then it is found that the calculated r is 0.476. If it is related to the value of r table 0.476, then r count > r table. This means that parental guidance is positively related to student learning independence. Keywords: Parental guidance, Independent learning

Citation



    SERVICES DESK