PEMBUATAN ELEKTRODA PASTA KARBON KHITOSAN UNTUK MENDETEKSI ION CU2+ SECARA VOLTAMETRI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBUATAN ELEKTRODA PASTA KARBON KHITOSAN UNTUK MENDETEKSI ION CU2+ SECARA VOLTAMETRI


Pengarang

Siti Maisarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

030810310039

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Kimia (S1) / PDDIKTI : 47201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2008

Bahasa

Indonesia

No Classification

547.782

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian untuk mempelajari kinerja elektroda pasta karbon khitosan untuk mendeteksi ion eu2+ dengan voltametri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elektroda komposisi Ill menghasilkan puncak yang lebih tinggi. Optimasi parameter SWSV meliputi potensial deposisi -1.200 mV, waktu deposisi 170 detik, ftekuensi 35 Hz dan laju selusur 9 mv/detik, Adanya ion pengganggu yaitu ion Ni2+, Ag+, Fe2+, Mn2+ dan ion Pb2+ pada konsentrasi 3, 4, dan 5 ppm mengganggu pengukuran terhadap arus puncak yang dihasilkan. Persen kesalahan yang diperoleh 3,51% dengan 0=23. Pengukuran deogan elektroda modifikasi pasta karbon khitosan dapat mendeteksi ion Cu2+ lebih baik dibandingkan dari pada elektroda platina dan elektroda glassy carbon.

Kata kunci : Voltametri, Square Wave Stripping Voltammetry, Khitin, Khitosan, Ion Cu2+.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK