SURVEI PENGUKURAN DAN EVALUASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA TINGKAT SD NEGERI KELAS V DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

SURVEI PENGUKURAN DAN EVALUASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA TINGKAT SD NEGERI KELAS V DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Rini Safrina - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nurhasanah - 197405192008012007 - Dosen Pembimbing I
Nany Salwa - 197505292008122001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1508108010016

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Statistika (S1) / PDDIKTI : 49201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA (S1)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

375.006

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pendidikan merupakan pilar penting bagi pembangunan bangsa. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dapat menghasilkan SDM berkualitas. Salah satu pembelajaran yang baik dimulai sejak dini yaitu dari pendidikan sekolah dasar. Pelaksanaan pendidikan dasar di Indonesia saat ini menggunakan satu kurikulum yang seragam yaitu Kurikulum 2013. Salah satu mata pelajaran yang termasuk dalam Kurikulum 2013 yaitu mata pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA termasuk kategori nilai kedua terendah setelah mata pelajaran Matematika di Indonesia. Oleh karena itu, perlu dilakukan survei untuk evaluasi dan mengukur tingkat kemampuan siswa terhadap mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorikan tingkat pencapaian siswa yang telah menguasai materi mata pelajaran IPA sesuai dengan Kurikulum 2013. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Objek yang dikaji dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V pada SDN 61, SDN 4, dan SDN 13 Kota Banda Aceh. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan tingkat kesukaran butir soal pada SDN 61 dikategorikan baik (soal tidak mudah dan tidak sulit) dengan rata-rata p=0.70, sedangkan SDN 4 dan SDN 13 dikategorikan butir tes tidak baik (soal terlalu mudah) dengan rata-rata p=0.60-0.80. Sedangkan berdasarkan pengujian terhadap butir soal diperoleh hasil bahwa SDN 61 telah menguasai materi pokok tentang rangka manusia beserta fungsinya serta materi mengenal jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan dengan baik, sedangkan SDN 4 dan SDN 13 hanya menguasai materi tentang rangka manusia beserta fungsinya. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu SDN 61 merupakan sekolah paling menguasai materi pembelajaran dengan baik sesuai Kurikulum 2013 dibandingkan dua sekolah lainnya.

Kata Kunci: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda.

Education is a main pillar for development of the nation. The good education system should deliver qualified human resources. Education should start at the elementary level. The curriculum currently implemented in Indonesia for elementary education is namely Kurikulum 2013. One of the subjects that includes to Kurikulum 2013 is natural science or called IPA. The score of IPA subject is at the second lowest rank in Indonesia after Mathematics. Thus, the survey to evaluate and identify IPA subject ability of the students need to be conducted. The purpose of this research categorized the level of achievement of students who have mastered science subject material in accordance with the 2013 Curriculum. The methods used in this research are validity index analysis, reliability, index of difficulty and distinguishing power of test instrument. The data consisted of student class V in SDN 61, SDN 4, and SDN 13 Banda Aceh. The results obtained based on the level of difficulty of the items at SDN 61 were categorized as good (not easy and not difficult questions) with an average of p=0.70, while SDN 4 and SDN 13 were categorized as not good test items (too easy questions) with an average p=0.60-0.80. Meanwhile, based on testing on the items, it was found that SDN 61 had mastered the basic material about the human skeleton and its functions as well as material for recognizing types of animals from their food and describing the food chain well, while SDN 4 and SDN 13 only mastered material about the human skeleton and its functions. The conclusion that can be drawn from this research is that SDN 61 is the school that best masters learning materials according to the 2013 Curriculum compared to the other two schools. Keywords: Validity index analysis, Reliability, Index of difficulty, Distinguish power of test instruments.

Citation



    SERVICES DESK