HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 13 DAN SMA NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 13 DAN SMA NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH


Pengarang

PUTROE RAMIYA AZANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Abdul Wahab - 195912311988031017 - Dosen Pembimbing I
Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Dosen Pembimbing II
Daska Azis - 197701012006041003 - Penguji
Dyah Rahmani Purnomowati - 196208121989032001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1606101040045

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Geografi., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Salah satu indikator untuk melihat keberhasilan pendidikan adalah hasil belajar. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan setelah proses pembelajaran. Keadaan lingkungan belajar dan kedisiplinan siswa merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan kedisiplinan siswa dengan hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 13 dan SMA Negeri 15 Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan kedisiplinan siswa dengan hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 13 dan SMA Negeri 15 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS SMA Negeri 13 dan SMA Negeri 15 Kota Banda Aceh. Jumlah siswa kelas IPS SMA Negeri 13 yaitu sebanyak 22 orang dan siswa kelas IPS SMA Negeri 15 yaitu sebanyak 25 orang. Karena jumlah populasi pada penelitian ini kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel penelitan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Hasil penghitungan koefisien korelasi ganda didapatkan 0,83. Menunjukkan tingkat hubungan lingkungan belajar dan kedisiplinan siswa dengan hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 13 dan SMA Negeri 15 Kota Banda Aceh adalah sangat tinggi. Uji signifikasi didapatkan hasil Fhitung (41,0) > Ftabel (3,26). Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan kedisiplinan siswa dengan hasil belajar geografi SMA Negeri 13 dan SMA Negeri 15 Kota Banda Aceh.

Kata Kunci : lingkungan belajar, kedisiplinan siswa, hasil belajar geografi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK