KETERBUKAAN DIRI REMAJA DI SOSIAL MEDIA TWITTER (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 3 BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KETERBUKAAN DIRI REMAJA DI SOSIAL MEDIA TWITTER (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 3 BANDA ACEH)


Pengarang

Siti Minanda Pulungan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1010102010085

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Saat ini sosial media digunakan secara terus menerus sehingga kebutuhan akan mengakses sosial media twitter tumbuh menjadi gaya hidup dan globalisasinya berkembang menjadi sebuah fenomena. Fenomena tersebut berupa semua kegiatan meliputi aktivitas dan perasaan yang dideskripsikan dan dapat ditulis di sosial media. Salah satu media sosial yang saat ini digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah twitter. Tingginya konsumsi media ini dapat memicu timbulnya sebuah komunikasi antarpribadi dengan para pemilik akun twitter dan komunikasi antarpribadi tersebut berupa sebuah self disclosure atau proses mengungkapkan pribadi kepada orang lain atau sebaliknya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori self disclosure yang berasumsi mengenai self disclosure adalah suatu jenis komunikasi, yaitu pengungkapan informasi tentang diri sendiri baik yang disembunyikan maupun yang tidak disembunyikan, salah satu tipe komunikasi dimana informasi mengenai diri (self) yang biasanya disembunyikan dari orang lain, kini dikomunikasikan kepada orang lain. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi. Fokus penelitian adalah untuk menemukan bentuk, tipe dan dimensi keterbukaan diri yang dilakukan remaja di media sosial twitter. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa remaja lebih dapat melakukan keterbukaan diri di twitter dalam bentuk update status, retweet, dan mengunggah foto pribadi. Dimana fitur tersebut mengandung informasi pribadi dan dokumentasi pribadi. Keterbukaan diri yang remaja lakukan juga termasuk dalam dua tipe keterbukaan diri, yaitu deskriptif dan evaluatif dan keterbukaan diri yang dilakukan tidak mencapai tahap keintiman (intimacy).

Kata kunci: Keterbukaan diri, twitter, remaja dan teori Self Disclosure.

Banda Aceh, 17 Oktober 2014
Yang Menyatakan

(Siti Minanda Pulungan)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK