SIMULASI PENENTUAN WAKTU MATI DAN INDEKS RETENSI MENGGUNAKAN DERET HOMOLOG ALKIL BENZENA PADA RP-HPLC | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

SIMULASI PENENTUAN WAKTU MATI DAN INDEKS RETENSI MENGGUNAKAN DERET HOMOLOG ALKIL BENZENA PADA RP-HPLC


Pengarang

Safrizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0708103010037

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Kimia (S1) / PDDIKTI : 47201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

543.8

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penentuan waktu mati (to) pada penelitian ini merupakan hal yang sangat penting untuk menghitung beberapa parameter retensi lainnya seperti waktu retensi terkoreksi (tR'), faktor retensi (k') dan indeks retensi (lR). Teknik pemisahan dengan High Performance Liquid Chromatography (HPLC) lebih efesien karena waktu yang dibutuhkan sangat singkat untuk memisahkan senyawa-senyawa tertentu. Pada penelitian ini dilakukan metode penentuan waktu mati diantara dUB metode matematis, yaitu metode Iterasi dan Linearisasi pada HPLC dengan menggunakan deret homolog n-alkil benzena (C l-C8) dengan RP-HPLC. Nilai waktu mati dengan metode Iterasi diperoleb 1,35 menit dengan koefisien korelasi 0,99995, sedangkan nilai waktu mati pada metode Linearisasi adalah 1,08 dengan koefisien korelasi 0,99993. Nilai rata-rata lndeks Retensi dengan metode Iterasi diperoleh 1,69 dengan sdv 1,58, sedangkan nilai rata-rata menurut metode Linearisasi adalah 4,44 dengan sdv 4,27. Dari kedua metode dapat dinyatakan bahwa metode Linearisasi yang bagus dalam menentukan nilai waktu mati dan koefisien korelasi yang akurat.


Kata Kunci : Parameter retensi, indeks retensi, waktu mati, keakuratan.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK