//

STUDI PERBANDINGAN PASANG SURUT DI PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE DAN DI PELABUHAN BARANG PT. LAFARGE CEMENT LHOKNGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZAL FAHMI - Personal Name
SubjectTIDES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kelautan dan perikanan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh dan pelabuhan barang Lafarge Cement Lhoknga merupakan beberapa pelabuhan diantara 11 pelabuhan yang ada di Provinsi Aceh. Mengingat pentingnya transportasi laut untuk perkembangan di suatu daerah, maka perlu dilakukan perencanaan pembangunan pelabuhan. Salah satu kegiatan dalam perencanaan pelabuhan adalah survei pasang surut untuk menentukan kesesuaian lokasi pelabuhan, pemantauan terhadap umur pelabuhan, serta kelayakan pelabuhan itu sendiri. Maka dari itu pengukuran pasang surut di dua pelabuhan tersebut sangatlah penting untuk dilakukan guna mendapatkan nilai elevasi penting permukaan laut. pasang surut laut merupakan suatu fenomena pergerakan naik turunnya permukaan air laut secara berkala yang diakibatkan oleh kombinasi gaya gravitasi dan gaya tarik menarik dari benda-benda astronomi terutama oleh matahari, bumi dan bulan. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 5 November 2013 s/d 19 November 2013 (1 Muharram 1435 H s/d 15 Muharram 1435 H) bertempat di pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh dan pelabuhan barang Lafarge Cement Lhoknga. Pengambilan data dilakukan selama 15 hari (Siklus Pasang Surut) setiap harinya dilakukan pengambilan data per dua jam sekali selama 24 jam. 1. Pasang surut yang terjadi di pelabuhan Peyeberangan Ulee Lheue dan di pelabuhan barang Lafarge Cement Lhoknga bertipe Semi Diurnal. Tunggang pasut (Mean Range) di pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh adalah 179 cm sedangkan di pelabuhan barang Lafarge Cement Lhoknga adalah 93 cm. Pasang surut di dua pelabuhan tersebut tidak mempengaruhi besar dengan pendaratan kapal-kapal di dermaga karena kontruksi dermaga di dua pelabuhan tersebut sudah tepat dengan tunggang pasut yang terjadi di pelabuhan tersebut. Kata Kunci : Pasang Surut, Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, dan Pelabuhan barang Lafarge Cement Lhoknga

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI PENGGUNA SERTA FAKTOR-FAKTOR PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE (rio oktaparizki, 2017)

STUDI DEBIT AIR BERDASARKAN PENGUKURAN ARUS PASANG SURUT LAUT DI ALUR PELABUHAN ULEE LHEUE (FALIQUL ISBAH, 2014)

ANALISIS SEDIMENTASI KOLAM PELABUHAN ULEE LHEUE PADA KONDISI RE-DESIGN BREAKWATER DENGAN MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK DELFT3D (Cut Rizky Ananda, 2018)

EVALUASI TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN FASILITAS PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE-LHEUE BANDA ACEH (ANDI ZERYANDA, 2014)

PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) (RIZKI NANDA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy