THE EFFECT OF ILLUSTRATED BOOK FOR ENGLISH LANGUAGE ACQUISITION IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION PROGRAMS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

THE EFFECT OF ILLUSTRATED BOOK FOR ENGLISH LANGUAGE ACQUISITION IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION PROGRAMS


Pengarang

RIZKA FEBRIANSARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Siti Sarah Fitriani - 198108242008122001 - Dosen Pembimbing I
Dohra Fitrisia - 197908022008122001 - Dosen Pembimbing II
Kismullah - 198104232008121001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706202020015

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa Inggris (S2) / PDDIKTI : 88103

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas kip (S2)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pengajaran bahasa Inggris menggunakan buku bergambar merupakan cara pengajaran yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan perkembangan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa pengaruhnya terhadap siswa pada pendidikan anak usia dini jika mereka menerapkan buku bergambar untuk belajar bahasa Inggris dengan metode pembelajaran dan kendala yang dihadapi guru ketika menerapkan buku bergambar dalam pembelajaran sebagai media. Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah pendidikan anak usia dini di Kabupaten Aceh Selatan Kota Tapaktuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang guru kelas dan dua orang tua siswa. Analisis data menggunakan beberapa langkah menurut teori Miles, Huberman, dan Saldana, menganalisis data dengan tiga langkah, yaitu kondensasi data, display data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa pengaruh pembelajaran bahasa Inggris dengan buku bergambar pada siswa pendidikan anak usia dini yaitu perkembangan bahasa anak usia dini berkembang dengan baik, penerapan media buku bergambar sudah terlaksana dengan baik, penerapan media buku bergambar dalam perkembangan bahasa Inggris pada anak usia dini sangatlah penting. Pengaruhnya terhadap aspek perkembangan bahasa Inggris dan kosa kata anak, dan yang terakhir adalah kendala yang dialami oleh guru dan bagaimana solusi dalam melaksanakan pembelajaran dengan media buku bergambar dapat diatasi dengan baik.

Teaching English using picture books is a way of teaching that needs to be developed to improve English vocabulary development in early childhood. This study is aimed to determine what effect it would have on students in early childhood education if they applied picture books to learn English with learning methods and the obstacles teachers face when applying picture books in learning as the media. This research was conducted at an early childhood education school in South Aceh District, Tapaktuan City. This study uses a qualitative research type with a descriptive approach. Data collection techniques were used in the form of observation and interviews. The research subjects consisted of three classroom teachers and two parents. The data were analyzed using several steps according to the theory of Miles, Huberman, and Saldana, analyzing the data with three steps, namely data condensation, data display, verification or drawing conclusions. The results of this study reveal some of the effects of learning English with picture books on early childhood education students, namely the development of early childhood language is well developed, the application of picture book media has been well implemented, the application of picture book media in the development of English in early childhood is very important. Its influence on aspects of the development of English and children's vocabulary, and the last is the obstacles experienced by teachers and how solutions in implementing learning with picture book media can be overcome properly.

Citation



    SERVICES DESK