ANALISIS PENGARUH MASA KERJA DAN PERSEPSI KUALITAS HUBUNGAN ATASAN BAWAHAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI DAN DAMPAKNYA PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN RNPT ADHI PERSADA BETON DI ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS PENGARUH MASA KERJA DAN PERSEPSI KUALITAS HUBUNGAN ATASAN BAWAHAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI DAN DAMPAKNYA PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN RNPT ADHI PERSADA BETON DI ACEH BESAR


Pengarang

Hendra Mahardika - Personal Name;

Dosen Pembimbing

A. Sakir - 197509032002121002 - Dosen Pembimbing I
Sofyan - 195912311987031024 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2001202010028

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S2) / PDDIKTI : 61101

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.314 22

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Abstrak Karya Akhir diserahkan kepada Panitia Komisi Ujian untuk mendapatkan Gelar Magister Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala
ATASAN BAWAHAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI DAN DAMPAKNYA PADA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN PT ADHI PERSADA BETON DI ACEH BESAR

Oleh
HENDRA MAHARDIKA
NPM : 2001202010028

Konsentrasi : Manajemen SDM
Pembimbing Utama : Dr. A. Sakir, S.E, M.M.
Pembimbing Pembantu : Dr. Sofyan, S.E., M.B.A.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menguji analisis pengaruh masa kerja dan persepsi kualitas hubungan atasan bawahan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi dan dampaknya pada organizational citizenship behavior (OCB) karyawan PT Adhi Persada Beton di Aceh Besar, Indonesia. Populasinya adalah seluruh karyawan perusahaan tersebut yang berjumlah sebanyak 473 karyawan. Sampel ditentukan dengan dengan teknik cluster random sampling dan jumlahnya diperoleh melalui kalkulasi rumus Slovin, yaitu sebanyak 216 orang karyawan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan skala pengukuran yang digunakan adalah Skala Likert. Model di analisis menggunakan SEM AMOS. Hasil pengujian membuktikan bahwa Masa Kerja mempengaruhi Kepuasan Kerja, Persepsi Kualitas Hubungan Atasan Bawahan mempengaruhi Komitmen Organisasi, Kepuasan kerja mempengaruhi OCB, Komitmen Organisasi mempengaruhi OCB, Masa Kerja mempengaruhi OCB, Persepsi Kualitas Hubungan Atasan Bawahan mempengaruhi OCB, Kepuasan Kerja memediasi secara parsial pengaruh Masa Kerja terhadap OCB, dan Komitmen Organisasi memediasi secara parsial pengaruh Persepsi Kualitas Hubungan Atasan Bawahan terhadap OCB. Temuan-temuan ini membuktikan adalah model peningkatan OCB pada PT. Adhi Persada Beton merupakan fungsi dari lamanya Masa Kerja, Peningkatan Kualitas Hubungan Atasan Bawahan, peningkatan Kepuasan Kerja, dan penguatan Komitmennya.

Keywords : Masa Kerja, Persepsi Kualitas Hubungan Atasan Bawahan, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, OCB


ABSTRACT Abstract of Final Paper Submitted to The Examination Committe in partial fulfilment of the requirements for the degree of Master of Management on Economis and Business Faculty of Syiah Kuala University ANALYSIS OF THE EFFECT OF WORKING PERIOD AND PERCEPTION OF THE QUALITY OF LMX ON JOB SATISFACTION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT AND THEIR IMPACT ON OCB OF EMPLOYEES OF PT ADHI PERSADA BETON IN ACEH BESAR By HENDRA MAHARDIKA NPM : 2001202010028 Specialization : Dr. A. Sakir, S.E, M.M. Co-Supervisor : Dr. Sofyan, S.E., M.B.A. This study was conducted to determine and examine the analysis of the effect of working period and perceived quality of leader-member exchange (LMX) on job satisfaction and organizational commitment and their impact on organizational citizenship behavior (OCB) of employees of PT Adhi Persada Beton in Aceh Besar, Indonesia. The population was all employees of the company, totaling 473 employees. The sample was determined using the cluster random sampling technique and the number was obtained through the calculation of the Slovin formula, as many as 216 employees. Data was collected using a questionnaire and the measurement scale used was the Likert Scale. The model was analyzed using AMOS SEM. The test results prove that working period affects job satisfaction, perceived quality of LMX affect organizational commitment, satisfaction affects OCB, commitment affects OCB, working period affects OCB, perceived quality of LMX affects OCB, satisfaction partially mediates the working period effect on OCB, and Commitment partially mediates the perceived quality of LMX effect on OCB. These findings prove that the model of increasing OCB at PT. Adhi Persada Beton is a function of the length of the working period, improving the quality of LMX, increasing satisfaction, and strengthening commitment. Keywords: Working Period, perceived quality of leader-member exchange, Job Satisfaction, Organizational Commitment, OCB  

Citation



    SERVICES DESK