PENENTUAN KROMIUM SECARA INJEKSI ALIR ON- LINE PREKONSENTRASI MENGGUNAKAN REAKTOR SIMPUL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENENTUAN KROMIUM SECARA INJEKSI ALIR ON- LINE PREKONSENTRASI MENGGUNAKAN REAKTOR SIMPUL


Pengarang

Rahmawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0308103010031

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Kimia (S1) / PDDIKTI : 47201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2009

Bahasa

Indonesia

No Classification

546.532

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian terhadap metode injeksi alir atau FIA on-line prekonsentrasi menggunakan reaktor simpul dalam penentuan ion Cr. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kondisi optimum prekonsentrasi ion Cr dengan parameter optimasi seperti laju alir dan konsentrasi EDT A sebagai pereaksi pengompleks, laju alir isoamil alkohol sebagai pelarut, pengaruh lama pre konsentrasi dan pengaruh jumlah simpul. Sistem dari metode ini dirangkai secara sederhana menggunakan koil tygon; dimana standar atau sampel, pengompleks dan pelarut dialirkan melalui koil tygon dengan volume dan waktu tertentu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi diperoleh pada laju alir EDT 1 mL/menit dengan konsentrasi 0,4%, laju alir isoamil alkohol 1 mL/menit, lama prekonsentrasi 3 menit dengan 7 buah simpul. Kondisi optimum yang diperoleh diaplikasikan pada penentuan ion Cr dalam sungai Krueng Aceh dengan menggunakan detektor AAS. Konsentrasi sampel yang didapat dengan pengukuran tanpa menggunakan FlA sebesar 0.0865 mgIL dan setelah menggunakan sistem FIA didapat 0,1095 mgfL. Standar deviasi dan recovery yang diperoleh untuk metode FIA sebesar 7.9.10-4 dan 94% sedangkan untuk metode tanpa FIA sebesar 8,3.10-4 dan 92,63%.

Kata kunci : Kromium, Analisis injeksi alir, MS, EDTA dan isoamil alkohol



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK