PERSEPSI GURU TERHADAP FUNGSI SEKOLAH SEBAGAI PUSAT PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN DI SD NEGERI 46 KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERSEPSI GURU TERHADAP FUNGSI SEKOLAH SEBAGAI PUSAT PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN DI SD NEGERI 46 KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Nanda Fitria - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Sulaiman - 195904131988031001 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104040022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Fitria, Nanda. 2021. Persepsi Guru Terhadap Fungsi Sekolah Sebagai Pusat Pengembangan Kebudayaan Di SD Negeri 46 Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dr. Drs. Sulaiman, M. Si(2) Drs. Soedirman Z, M. Pd
Kata Kunci: Persepsi Guru, Fungsi Sekolah Sebagai Pusat Pengembangan Kebudayaan
Setiap guru mempunyai persepsi yang berbeda-beda dalam dirinya. Persepsi adalah suatu tanggapan atau penilaian terhadap suatu objek yang kemudian dilanjutkan dengan proses psikologi didalam otak, sehingga seseorang dapat menyadari dan memberikan makna terhadap objek yang telah di inderakan tersebut. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru terhadap fungsi sekolah sebagai pusat pengembangan kebudayaan di SD Negeri 46 Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap fungsi sekolah sebagai pusat pengembangan kebudayaan di SD Negeri 46 Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap fungsi sekolah sebagai pusat pengembangan kebudayaan yaitu ada guru yang mengatakan bahwa fungsi sekolah sebagai pusat pengembangan kebudayaan di sekolah itu tempat pembelajaran semua diajarkan bukan hanya diajarkan ilmu pengetahuan tetapi pembentukan karakter peserta didik juga diajarkan seperti disiplin dan kejujuran. Guru lainnya berpendapat fungsi sekolah sebagai pusat pengembangan kebudayaan disekolah peserta didik juga dilatih beragama, berbudaya, dan berahklak. Ada guru yang berpendapat fungsi sekolah sebagai pusat pengembangan kebudayaan itu bisa dilaksanakan disekolah karena kita memperkenalkan budaya-budaya yang ada. Dan ada guru yang menyatakan bahwa fungsi sekolah sebagai pusat pengembangan kebudayaan itu misalnya dilihat dari proses pembelajaran berhubungan dengan kebudayaan dan memperkenalkan budaya kepada anak dan dihubungkan dengan lingkungan di sekolah. Oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa di SD Negeri 46 Kecamatan Syiah Kulala Kota Banda Aceh dari beberapa pendapat guru tentang fungsi sekolah sebagai pusat pengembangan kebudayaan guru berpersepsi berbeda-beda dan belum menyentuh fungsi sekolah sebagai pusat pengembangan kebudayaan yang sebenarnya.

ABSTRACT Fitria, Nanda. 2021. Teacher's Perception of the School's Function as a Center for Cultural Development at SD Negeri 46 Syiah Kuala District, Banda Aceh City. Thesis, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisor: Dr. Drs. Sulaiman, M. Si (2) Drs. Sudirman Z, M. Pd Keywords: Teacher Perceptions, School Functions as Centers for Cultural Development Every teacher has a different perception in him. Perception is a response or assessment of an object which is then followed by a psychological process in the brain, so that a person can realize and give meaning to the object that has been sensed. As for the formulation of the problem in this study, how is the teacher's perception of the function of the school as a center for cultural development at SD Negeri 46 Syiah Kuala District, Banda Aceh City. The aim is to describe the teacher's perception of the function of the school as a center for cultural development at SD Negeri 46 Syiah Kuala District, Banda Aceh City. The approach in this research is a qualitative approach with a descriptive type of research. The research subjects were class teachers, totaling 4 people. Data collection technique in this research is interview. The data analysis technique uses data reduction, data presentation and drawing conclusions and verification. Based on the results of the analysis conducted by the researcher, it shows that the teacher's perception of the function of the school as a center for cultural development is that there are teachers who say that the function of the school as a center for cultural development in the school where learning is all taught is not only taught science but the formation of students' character is also taught such as discipline. and honesty. Other teachers argue that the function of the school as a center for cultural development in schools is that students are also trained in religion, culture, and character. There are teachers who think that the function of the school as a center for cultural development can be implemented in schools because we introduce existing cultures. And there are teachers who state that the function of the school as a center for cultural development is, for example, seen from the learning process related to culture and introducing culture to children and being linked to the environment at school. Therefore, it can be concluded that in SD Negeri 46 Syiah Kulala Subdistrict, Banda Aceh City, from some teachers' opinions about the function of the school as a center for cultural development, teachers have different perceptions and have not touched the function of the school as a true center for cultural development.

Citation



    SERVICES DESK