PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI SIFAT SIFAT BUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI NEUBOK BADEUK KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI SIFAT SIFAT BUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI NEUBOK BADEUK KABUPATEN PIDIE


Pengarang

Rumaiza - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104040072

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Metode Eksperimen merupakan salah satu metode yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, adapun yang menjadi salah satu permasalahan di SD Negeri Neubok Badeuk Kabupaten Pidie yaitu kurang nya pemahaman siswa pada pembelajaran IPA materi sifat sifat bunyi. Penerapan metode Eksperimen akan memberikan suasana yang menyenangkan bagi siswa dalam mempelajari materi sifat sifat bunyi.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa kelas IV SD Negeri Neubok Badeuk Kabupaten Pidie teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data hasil observasi aktivitas guru dan siswa adalah dengan statistik deskriptif persentase dan data hasil belajar siswa secara individual.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, siklus II dan siklus III diperoleh data sebagai berikut: (1) hasil observasi terhadap aktivitas guru dalam pembelajaran yang diamati selama tiga siklus, mengalami peningkatan disetiap siklusnya yaitu: (a) aktivitas guru pada siklus I mencapai 70% kategori sedang, siklus II mencapai 89% kategori sangat baik, dan siklus III mencapai 98 % kategori sangat baik, (2) hasil observasi terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diamati selama tiga siklus, mengalami peningkatan disetiap siklusnya yaitu: (a) aktivitas siswa pada siklus I mencapai 68% kategori sedang, siklus II mencapai 76,2 % kategori baik, dan siklus III mencapai 95 % kategori sangat baik, (3) hasil belajar siswa dalam materi sifat sifat bunyi mengalami peningkatan pada siklus I kriteria ketuntasan klasikal mencapai 37,5% dengan nilai rata-rata 58 sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal 75% dengan nilai rata-rata 67 dan pada siklus III kriteria ketuntasan klasikal mencapai 87% dengan nilai rata-rata 73. Disimpulkan bahwa metode eksperimen pada materi sifat sifat bunyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Neubok Badeuk Kabupaten Pidie.

ABSTRAK Experimental method is one of the suitable methods to be used in the science learning process. Based on the results of observations and interviews, one of the problems at SD Negeri Neubok Badeuk, Pidie Regency, is the lack of understanding of students in science learning the material properties of sound. The application of the Experimental method will provide a pleasant atmosphere for students in studying the material properties of sound. This research uses Classroom Action Research (CAR). The subjects of this study were 8 fourth grade students at SD Negeri Neubok Badeuk, Pidie Regency. Data collection techniques were carried out by means of observation and learning outcomes tests. The technique of analyzing data from observations of teacher and student activities is descriptive statistics on percentages and data on student learning outcomes individually. Based on the results of the research in cycle I, cycle II and cycle III, the following data were obtained: (1) the results of observations on teacher activities in learning were observed for three cycles, experiencing an increase in each cycle, namely: (a) teacher activity in cycle I reached 70% medium category, cycle II reached 89% very good category, and cycle III reached 98% very good category, (2) the results of observations on student activities in learning that were observed for three cycles, experienced an increase in each cycle, namely: (a) student activity in cycle I reached 68% moderate category, cycle II reached 76.2% good category, and cycle III reached 95% very good category, (3) student learning outcomes in the material properties of sound have increased in cycle I classical completeness criteria reached 37, 5% with an average value of 58 while in the second cycle the classical completeness criteria were 75% with an average value of 67 and in the third cycle the classical completeness criteria were m reached 87% with an average score of 73. It was concluded that the experimental method on the material properties of sound can improve the learning outcomes of fourth graders at SD Negeri Neubok Badeuk, Pidie Regency.

Citation



    SERVICES DESK