PENYERAPAN ION TEMBAGA(II) DENGAN BENTONIT AKTIF MENGGUNAKAN SISTEM KOLOM ALIRAN KONTINU | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENYERAPAN ION TEMBAGA(II) DENGAN BENTONIT AKTIF MENGGUNAKAN SISTEM KOLOM ALIRAN KONTINU


Pengarang

Nurmaidar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0208103010037

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Kimia (S1) / PDDIKTI : 47201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2009

Bahasa

Indonesia

No Classification

541.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian mengenai adsorpsi ion Cu(II) dalam larutan ion Cu(II) menggunakan bentonit aktif secara sistem kolom aliran kontinu. Ion Cu(ll) dalam larutan menjadi berkurang karena terserap bentonit aktif Parameter yang dipelajari adalah ukuran bentonit, pH awal larutan CuS04.5H20, variasi diameter kolom, laju alir larutan, dan variasi konsentrasi larutan CuS04.5l-hO. Konsentrasi Ion Cu(ll) terserap ditentukan dengan menggunakan Atomic Adsorption spectrophotometry (AAS). Hasil peneLitian menunjukkan bahwa kondisi optimwn penyerapan ion Cufll) terjadi dengan penggunaan bentonit ukuran 100 mesh, pH larutan 7, diameter kolom 0,6 em, dengan laju alir 0,183 mL /menit dan konsentrasi ion Cu(IT) 15 ppm dengan adsorpsi sampai 99.93%. Kapasitas adsorpsi maksimum (Qmaks) isoterm Langmuir adalah 3,26 mg/g dengan konstanta adsorpsi (Ka) 78.65 g/L.

Kata kunci : Logam Tembaga(Cu), Benronit, Adsorpsi, Atomic Absorption
Spectrofotometry (AAS).




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK