PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAPRNMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 RNKECAMATAN RUNDENG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAPRNMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 RNKECAMATAN RUNDENG


Pengarang

Imelda Setya Fitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Zulfan - 196107081989101001 - Dosen Pembimbing I
Dara Rosita - 198408282017032101 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101020002

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Fitri, Imelda Setya. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng.”.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. Zulfan, M.Hum

(2) Dara Rosita, S.T., S.Pd.,M.Ed

Kata Kunci: Media pembelajaran diorama, motivasi belajar
Penelitian dengan judul Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng.”.
Bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran diorama
terhadap motivasi belajar sejarah siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian adalah
deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 2 SMA
Negeri 1 Kecamatan Rundeng yang berjumlah 17 orang siswa. Teknik pengambilan
sampel yang menggunakan purposive sampel atau sampel bertujuan. Alasan
pemilihan sampel ini didasarkan oleh referensi guru yang memungkinkan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan, teknik analisis data dalam penelitian ini diawali reduksi data, kemudian
model data (data display), dan diakhiri dengan verifikasi (kesimpulan). Berdasarkan
analisis data yang dilaksanakan, rata-rata tingkat motivasi yang diperoleh siswa di
kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng adalah sangat termotivasi.
Berdasarkan perhitungan skor persentase yang diperoleh siswa di kelas X IPS 2
terdiri dari 82%, 90%, 94%, 96%, 98%, 100% beserta jika dijumlahkan secara
keseluruhan maka rata-rata skor persentasenya adalah 88% yang hasilnya masuk
kedalam kategori sangat termotivasi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan media pembelajaran diorama terhadap motivasi belajar sejarah siswa
kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng.

Citation



    SERVICES DESK