Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAPRNMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 RNKECAMATAN RUNDENG
Pengarang
Imelda Setya Fitri - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Zulfan - 196107081989101001 - Dosen Pembimbing I
Dara Rosita - 198408282017032101 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1506101020002
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Fitri, Imelda Setya. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng.”.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Zulfan, M.Hum
(2) Dara Rosita, S.T., S.Pd.,M.Ed
Kata Kunci: Media pembelajaran diorama, motivasi belajar
Penelitian dengan judul Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng.”.
Bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran diorama
terhadap motivasi belajar sejarah siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian adalah
deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 2 SMA
Negeri 1 Kecamatan Rundeng yang berjumlah 17 orang siswa. Teknik pengambilan
sampel yang menggunakan purposive sampel atau sampel bertujuan. Alasan
pemilihan sampel ini didasarkan oleh referensi guru yang memungkinkan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan, teknik analisis data dalam penelitian ini diawali reduksi data, kemudian
model data (data display), dan diakhiri dengan verifikasi (kesimpulan). Berdasarkan
analisis data yang dilaksanakan, rata-rata tingkat motivasi yang diperoleh siswa di
kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng adalah sangat termotivasi.
Berdasarkan perhitungan skor persentase yang diperoleh siswa di kelas X IPS 2
terdiri dari 82%, 90%, 94%, 96%, 98%, 100% beserta jika dijumlahkan secara
keseluruhan maka rata-rata skor persentasenya adalah 88% yang hasilnya masuk
kedalam kategori sangat termotivasi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan media pembelajaran diorama terhadap motivasi belajar sejarah siswa
kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA BERBASIS AUDIO PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 JEUMPA KABUPATEN BIREUEN (Mayang Setiemi, 2020)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA I HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI RUMAH DI KELAS II SD NEGERI LIMPOK ACEH BESAR (SYIFA AMALIA SAKINAH, 2021)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)
PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS (IT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (CUT RISNA JUWITA, 2022)
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (ALZIKRI RAHMATILLAH, 2013)