IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SQ4R MULTI REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMAN 12 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SQ4R MULTI REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMAN 12 BANDA ACEH


Pengarang

HAJRAZUL PITRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Hasanuddin - 196407171990031004 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103010049

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Model pembelajaran SQ4R multi representasi adalah inovasi pembelajaran dalam memahami teks bacaan dan setiap materi yang disajikan secara representasi yakni dalam bentuk verbal maupun visual. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei 2021. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran SQ4R multi representasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMAN 12 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berdesain Pre-test dan post-test control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA. Parameter yang digunakan yaitu hasil belajar peserta didik yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran SQ4R multi representasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMAN 12 Banda Aceh yang ditunjukkan berdasarkan perbandingan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 80,4 dan kelas kontrol adalah 69. Kemudian data hasil uji independent sampel t-test pada penelitian ini adalah t(38) = 3.802, p < 0.05.

The multi-representation SQ4R learning model is a learning innovation in understanding reading texts and each material presented in a representation, namely in verbal and visual form. This research was conducted in April – May 2021. The purpose of the study was to determine the effect of the implementation of the multi-representation SQ4R learning model on student learning outcomes in the excretory system material at SMAN 12 Banda Aceh. This study used an experimental method with pre-test and post-test control group designs. The sample of this research is students of class XI science. The parameters used are student learning outcomes collected through pretest and posttest. The approach used in this research is quantitative. The results of this study indicate that there is an effect of implementing the multi-representation SQ4R learning model on student learning outcomes in the excretory system material at SMAN 12 Banda Aceh which is shown based on the comparison of the average learning outcomes of experimental class students is 80.4 and control class is 69. Then the data The results of the independent sample t-test in this study were t(38) = 3.802, p < 0.05.

Citation



    SERVICES DESK