Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SQ4R MULTI REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMAN 12 BANDA ACEH
Pengarang
HAJRAZUL PITRI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Hasanuddin - 196407171990031004 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1706103010049
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Model pembelajaran SQ4R multi representasi adalah inovasi pembelajaran dalam memahami teks bacaan dan setiap materi yang disajikan secara representasi yakni dalam bentuk verbal maupun visual. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei 2021. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran SQ4R multi representasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMAN 12 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berdesain Pre-test dan post-test control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA. Parameter yang digunakan yaitu hasil belajar peserta didik yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran SQ4R multi representasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMAN 12 Banda Aceh yang ditunjukkan berdasarkan perbandingan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 80,4 dan kelas kontrol adalah 69. Kemudian data hasil uji independent sampel t-test pada penelitian ini adalah t(38) = 3.802, p < 0.05.
The multi-representation SQ4R learning model is a learning innovation in understanding reading texts and each material presented in a representation, namely in verbal and visual form. This research was conducted in April – May 2021. The purpose of the study was to determine the effect of the implementation of the multi-representation SQ4R learning model on student learning outcomes in the excretory system material at SMAN 12 Banda Aceh. This study used an experimental method with pre-test and post-test control group designs. The sample of this research is students of class XI science. The parameters used are student learning outcomes collected through pretest and posttest. The approach used in this research is quantitative. The results of this study indicate that there is an effect of implementing the multi-representation SQ4R learning model on student learning outcomes in the excretory system material at SMAN 12 Banda Aceh which is shown based on the comparison of the average learning outcomes of experimental class students is 80.4 and control class is 69. Then the data The results of the independent sample t-test in this study were t(38) = 3.802, p < 0.05.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ( SQ4R) DENGAN CONCEPT MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA N 16 BANDA ACEH (Arhama Zakaria Kumba, 2018)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)
PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)
METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)