ISOLASI SENYAWA BIOAKTIF PENOLAK (REPELLENT) LALAT RUMAH DAN NYAMUK DARI BATANG TUMBUHAN KREPENG (VITEX TRIFOLIA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ISOLASI SENYAWA BIOAKTIF PENOLAK (REPELLENT) LALAT RUMAH DAN NYAMUK DARI BATANG TUMBUHAN KREPENG (VITEX TRIFOLIA)


Pengarang

Nofita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0041311259

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Kimia (S1) / PDDIKTI : 24201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2005

Bahasa

Indonesia

No Classification

543.8

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ekstrak batang tumbuhan Vitex trifolia telah diisolasi dan diuji sifat penolaknya terhadap lalat rumah dan nyamuk. Ekstrak sampel dari pelarut heksana, etil asetat, dan metanol diperoleh dengan cara maserasi, selanjutnya ekstrak tersebut di pisahkan fraksi-fraksinya dengan kolom vakum krornatografi. Ekstrak kasar dan fraksi-fraksi dari ekstrak tersebut diuji sifat penolaknya dengan konsentrasi I; 5; dan 10%. Namun secara keseluruhan ekstrak kasar dan fraksi-fraksinya tidak aktif terhadap lalat rumah sedangkan terhadap nyamuk, baik ekstrak kasar dan fraksi- fraksinya sangat aktif, bahkan sampai 100%. Karakterisasi dengan KG-SM, ekstrak sampel dari pelarut metanol mengandung 17 senyawa, II senyawa utamanya adalah: Dodekanamida. N.N-bis (2-hidroksielil); Asam miristat: metil heksadekanoat; Asam palmitat: Asam 9-oktadekanoat. metil ester; Asam Q- oktadekanoat; Asam heksadekanoat, 2-hidroksi-l- (hidroksimetil) etil ester; Asam heksadekanoat, 1-(hidroksimetil)-1.2-ctanedil ester : Cis-f 13-Oktadesenal; dan Flavone 4'-OH. 5-0H, 7-di-O-glukosida.

Kata kunci : Vitex trifolia. senyawa penolak, kromatografi, heksan, etil asetat. metanol.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK