//

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang maulidar - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LECTURE METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Hasil Belajar, Peta Konsep, Metode Ceramah Mutu pendidikan sangat terkait dengan hasil yang dicapai oleh seseorang. Keberhasilan suatu belajar tidak hanya tergantung pada siswa saja, tetapi juga peran guru. Siswa dan guru harus berperan aktif dalam pembelajaran. Guru dituntut untuk mengkondisikan kelas dan memilih metode dan pendekatan pembelajaran dengan tepat agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Penggunaan metode dan pendekatan pembelajaran sudah diterapkan oleh guru IPS khususnya pada SMP Negeri 2 Banda Aceh. Oleh karena itu penulis tertarik untuk membedakan dua pendekatan pembelajaran dalam hal peningkatan hasil belajar siswa. Untuk itu penulis mengkajinya dalam suatu penelitian yang diberi judul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Peta Konsep dan Metode Ceramah Pada Pelajaran IPS Terpadu”. Yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan Peta Konsep dan yang menggunakan Metode Ceramah pada kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar dalam penggunaan Peta Konsep dan Metode Ceramah pada pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yang berjumlah 60 orang dengan dua kelas yaitu VII6 dan VII7. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data didapatkan thitung = 2,26 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan 58 adalah 2,00; maka thitung > ttabel. Artinya H¬o ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan Peta Konsep lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Ceramah pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Ellysa Putri, 2021)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN TIDAK MENGGUNAKAN PETA KONSEP DI SMP NEGERI2 INGIN JAYA ACEH BESAR (Ruhamah, 2021)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI 20 BANDA ACEH (Suryani, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN TIDAK MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DI KELAS IV SDN LEUPUNG 26 ACEH BESAR (Siti Furqan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy