IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Pengarang

Fariatul Murtavia - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhammad Syukri - 198209212006041004 - Dosen Pembimbing I
Abdul Hamid - 196605251991031003 - Dosen Pembimbing II
Zainuddin - 196312311991021002 - Penguji
Elmi Mahzum - 196802071993031003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103030002

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Fisika., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Murtavia, Fariatul. 2021. Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.

(1) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd., M.Ed., (2) Drs. Abdul Hamid, M.Si

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap LKPD berbasis Blended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN Unggul Subulussalam yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan pemilihan secara acak (simple random sampling) sehingga diperoleh siswa kelas XI IPA 3 SMAN Unggul Subulussalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes (pretest dan posttest), respon peserta didik dan respon guru. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan data hasil penelitian uji-t menggunakan paired sample t-test H0 ditolak, artinya terdapat peningkatan berpikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Blended Learning. Diharapkan LKPD berbasis Blended Learning dapat terus dikembangkan menjadi media belajar yang mampu menunjang proses pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang.

Kata kunci: LKPD; Pendekatan Blended Learning; Berpikir Kritis

ABSTRACT Murtavia, Fariatul. 2021. Implementation of Blended Learning-Based Student Worksheets in Learning Physics to Improve Students' Critical Thinking Ability. Thesis, Department of Physics Education, Faculty of Education and Education, Syiah Kuala University. (1) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd., M.Ed., (2) Drs. Abdul Hamid, M. Si This study aims to improve students' critical thinking skills towards Blended Learning-based worksheets. This research is a pre-experimental design with a one-group pretest-posttest design. The population of this study were students of class XI IPA SMAN Unggul Subulussalam, totaling 5 classes. Sampling was done by random selection (simple random sampling) so that the students of class XI IPA 3 SMAN Unggul Subulussalam were obtained. Data collection techniques used are test questions (pretest and posttest), student responses and teacher responses. The test result data were analyzed using t-test. Based on the data from the t-test research using the paired sample t-test, H0 was rejected, meaning that there was an increase in students' critical thinking who were taught using the Blended Learning approach. It is hoped that the LKPD based on Blended Learning can continue to be developed into a learning media that is able to support the learning process so that students' critical thinking skills can develop. Keywords: LKPD; Blended Learning Approach; Critical thinking

Citation



    SERVICES DESK