//

KAJIAN KETERLAMATAN PADA PROYEK KONSTRUKSI PEMBANGUNAN GEDUNG PKP2A IV LAN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Masyitah Jumaidi - Personal Name
SubjectBUILDINGS-CONTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik Sipil
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Proyek konstruksi merupakan rangkaian mekanisme pekerjaan yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya, karena itu jika terjadi kendala akan berdampak pada pekerjaan-pekerjaan yang lain. Masalah keterlambatan pada proyek konstruksi merupakan fenomena yang umumnya terjadi. Salah satu contoh pada proyek pembangunan gedung Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Lembaga Administrasi Negara-Aceh (PKP2A LAN–Aceh) yang dilaksanakan oleh PT. Pembangunan Perumahan (PT. PP). Kajian keterlambatan proyek dilakukan berdasarkan laporan progres pada minggu ke 24 sampai minggu ke 34. Berkaitan dengan keterlambatan maka permasalahan yang ingin dianalisis yaitu pekerjaan apa yang mengalami keterlambatan, faktor penyebab keterlambatan dan bagaimana metode penanganan keterlambatan yang dilakukan oleh kontraktor. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu membandingkan kurva S rencana dengan progres realisasi untuk mengetahui pekerjaan yang terlambat, kemudian mengidentifikasi faktor penyebab dan metode penanganan keterlambatan dengan melakukan wawancara langsung kepada pelaksanan proyek yakni Site Engineer Manager (SEM), tim teknik dan General Superintendent (GSP). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pekerjaan yang mengalami keterlambatan, penyebab keterlambatan dan penanganan keterlambatan yang dilakukan oleh pihak kontraktor. Hasil penelitian menunjukkan pekerjaan plesteran dan pasangan dinding bata mengalami keterlambatan akibat dari faktor tenaga kerja. Hal ini terjadi karena pada saat proyek berlangsung bertepatan dengan hari raya idul fitri. Kurangnya tenaga kerja mengharuskan kontraktor mencari berbagai metode untuk menangani keterlambatan, mencari opsi pengganti bata merah dengan melakukan evaluasi dari segi biaya, mutu dan waktu serta menambah tenaga kerja merupakan salah satu upaya yang dilakukan. Kesimpulan yang didapat dari kajian ini yaitu pekerjaan arsitektur mendominasi pekerjaan yang mengalami keterlambatan, faktor kurang nya tenaga kerja merupakan faktor utama penyebab keterlambatan yang terjadi pada proyek LAN. Berbagai upaya dilakukan untuk menangani keterlambatan salah satunya penambahan tenaga kerja, mencari metode pekerjaan yang tepat dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam proyek. Kata kunci : Proyek konstruksi, Keterlambatan proyek, kurva S

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KEPUASAN PEMILIK PROYEK BERDASARKAN KUALITAS JASA KONTRAKTOR PADA PEMBANGUNAN KONSTRUKSI GEDUNG DI ACEH BARAT DAYA TAHUN ANGGARAN 2013-2014. (Alfi Rizqi, 2015)

PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (RIFAT ADITYA HAWARI, 2020)

STUDI TINGKAT RISIKO DALAM PERSPEKTIF KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PELAKSANAAN PROYEK (STUDI KASUS: PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT KAJIAN DAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN APARATUR IV (PKP2A IV) LAN-ACEH) (Mardha Tillah, 2014)

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR DOMINAN PEKERJAAN ULANG (REWORK) PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (zulfikar, 2014)

PENERAPAN KOMPONEN BIAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA KONTRAK PEMBANGUNAN GEDUNG DI ACEH (Nurnazli Auliani, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy