PERBANDINGAN HASIL INISLALISASI EXAMITION TIMETABLING PROBLEM (ETP) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GRAPH COLORING | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN HASIL INISLALISASI EXAMITION TIMETABLING PROBLEM (ETP) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GRAPH COLORING


Pengarang

Ida Fitriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0408101010028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2011

Bahasa

Indonesia

No Classification

518.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Persoalan Examinatioan Timetabling Problem (ETP) merupakan persoalan optimasi untuk menyelesaikan penjadwalan ujian pada universitas agar jadwal ujian tanpa konflik dan saling tumpang tindih. ETP merupakan persoalan yang sulit bila dipandang dari sudut komputasi, cara termudah untuk menyelesaikan ETP yaitu dengan mengurutkan masalah dari setiap mata kuliah yang diujiankan dan menentukan mata kuliah yang paling besar masalahnya pada timeslot utama. Tujuan ETP adalah mcminimalkan terjadinya konflik, Saat ini dibutuhkan scbuah metodc yang dapat mcnyelesaikan ETP dengan cepat sehingga diperoleh solusi mendekati optimal. Salah satunya adalah dengan membandingkan metode random, largest exam, largest conflict dan saturation degree pada algoritma graph coloring. Metode random dilakukan dengan menguji data sccara acak, metode largest exam dengan mengurutkan matakuliah yang terdaftar mahasiswa, metode largest conflict adalah dengan mengurutkan konflik per mahasiswa dan metode saturation degree dengan cara rnenempatkan matakuliah yang dipengaruhi olch periode pad a slot utama. Berdasarkan hasil uji pada ke ernpat metode tersebut menunjukkan hasil inisialisasi yang baik atau solusi awal pada persoalan ETP dengan menghitung timeslot size dan pinalti, lIasil pengujian komputasi menunjukkan metode saturation degree menghasilkan solusi paling baik dari metode lainnya.

Kata kunci : Examination Timetabling Problem (ETP). Algoritma graph coloring.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK