HUBUNGAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT TIPE D | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

HUBUNGAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT TIPE D


Pengarang

ANNURIZA ANWAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing

H. Said Usman - 197010151992031004 - Dosen Pembimbing I
Elly Wardani - 198304082014042001 - Dosen Pembimbing II
Hajjul Kamil - 196803071990021001 - Penguji
Irwan Saputra - 197810162003121002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1712201010010

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S2) / PDDIKTI : 14101

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Keperawatan., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
PROGRAM STUDI MAGISTER KEPERAWATAN

TESIS
29 Desember 2021

xv halaman + V BAB + 101 halaman + 18 tabel + 4 gambar + 16 lampiran
ANNURIZA ANWAR
NPM. 1712 2010 100 10

HUBUNGAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT TIPE D

ABSTRAK
Kepuasan pasien merupakan hasil langsung dari aktifitas layanan di rumah sakit. Rendahnya kepuasan pasien masih ditemukan pada rumah sakit di Indonesia. Pelayanan keperawatan dengan jumlah tenaga terbesar di rumah sakit berkontribusi langsung dalam kepuasan pasien melalui asuhan keperawatan yang diberikan. Tujuan penelitian mengetahui hubungan antara asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien pada Rumah Sakit Tipe D. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 198 orang pasien dewasa yang dirawat inap pada Rumah Sakit Tipe D. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah kuisioner Asuhan Keperawatan dan Satisfaction Nursing Care Scale (SNCS). Data dianalisa menggunakan uji statistik chi-square dan regresi logistik. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan asuhan keperawatan dan tahapannya dengan kepuasan pasien (p=0,001), pengkajian (p=0,031), diagnosa keperawatan (p=0,003), perencanaan (p=0,001), implementasi (p=0,004), dan evaluasi (p=0,001). Selanjutnya dari hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa perencanaan asuhan keperawatan merupakan tahapan yang paling berhubungan signifikan dengan kepuasan pasien di RS Tipe D (p-value=0,02) dengan (OR=2,76). Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pihak rumah sakit dapat memberikan pelatihan asuhan keperawatan lebih lanjut kepada perawat dan membangun budaya interaksi yang baik selama memberikan pelayanan kepada pasien

Kata kunci : Kepuasan pasien, Asuhan keperawatan
Daftar Bacaan : 52 (Tahun 1988 s/d 2021)

MINISTRY OF EDUCATION, CULTURE, RESEARCH AND TECHNOLOGY, UNIVERSITAS SYIAH KUALA FACULTY OF NURSING NURSING MASTER STUDY PROGRAM THESIS Desember 29th, 2021 xv Pages + V Chapters + 101 Pages + 10 Tables + 4 Pictures + 16 Enclosures ANNURIZA ANWAR NPM. 1712 2010 100 10 THE RELATIONSHIP BETWEEN NURSING CARE AND PATIENT SATISFACTION IN TYPE D HOSPITAL ABSTRACT Patient satisfaction is the direct result of service activities in hospitals. However, low patient satisfaction is found in hospitals in Indonesia. Nursing services with the largest number of hospital workers contribute directly to patient satisfaction through the provided nursing care. The purpose of the study was to determine the relationship between nursing care and patient satisfaction in Type D Hospital. This study was a quantitative study with a cross-sectional design. The sampling used in this study was a purposive sampling technique with a total sample of 198 adult patients treated in Type D Hospital. The research instrument used was the Nursing Care Questionnaire and the Satisfaction Nursing Care Scale (SNCS). Data were analyzed using a chi-square statistical test and logistic regression. The results of the bivariate analysis showed that there was a relationship between nursing care and its stages with patient satisfaction (p=0.001), assessment (p=0.031), nursing diagnosis (p=0.003), planning (p=0.001), implementation (p=0.004), and evaluation (p=0.001). Furthermore, the results of the multivariate analysis showed that nursing care plan was the stage that most significantly related to patient satisfaction in Type D Hospital (p-value = 0.02) with (OR = 2.76). Based on the results of this study, the hospitals can provide further nursing care training to nurses and build good interactions while providing services to patients. Keywords : Patient satisfaction, Nursing care Reading List : 52 (Years 1988 to 2021)

Citation



    SERVICES DESK