INTERRELATIONSHIP UJIAN NASIONAL DAN PRESTASI AKADEMLK MAHASISWA (STUDI KASUS FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

INTERRELATIONSHIP UJIAN NASIONAL DAN PRESTASI AKADEMLK MAHASISWA (STUDI KASUS FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA)


Pengarang

Iznaini Ananda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0808101010003

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

519.535 4

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ujian Nasional (UN) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dijadikan suatu tolak ukur prestasi belajar seseorang pada tingkat pendidikan yang berbeda. Namun, terdapat wacana yang menyebutkan nilai UN akan dijadikan kriteria seorang siswa masuk ke universitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap prestasi akademik mabasiswa berdasarkan nilai UN (B. Indonesia, B. Inggris, matematika, fisika, kimia, dan biologi) serta variabel lain yang dibawa dan pendidikan sebelumnya, meliputi asal sekolah, status sekolah, dan asal kab/kota. Pada rnahasiswa FMIPA Unsyiah Tahun Akademik 2008/2009, 200912010. dan 2010/2011. Analisis dilakukan terhadap sembilan variabel masing-rnasing pad a semester dua, semester empat dan semester enam Metode yang digunakan adalah anal isis faktor yang berfungsi mereduksi variabel yang banyak menjadi sedikit tetapi masih memuat sebagian besar infonnasi variabel asli. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa IPK yang diperoleh rata-rata berada pada kategori memuaskan, dan sangat memuaskan. Status sekolah tidak berpengaruh untuk prestasi akademik rnahasiswa. Semester dua menghasilkan dua faktor, semester empat menghasilkan dua faktor dan semester enam menghasilkan tiga faktor. Dari setiap faktor pada masing-masing semester tidak ada yang mempunyai pola dan nilai yang sama. Faktor nilai UN yang berpengaruh terhadap nilai IPK adalah kimia dan faktor tambahan yang berpengaruh terhadap nilai TPK adalah asal sekolah.


Kata Kunci : Ujian Nasional (UN), Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), nilai UN, variabel tambahan, analisis faktor



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK