ANALISA KERAGAMAN NILAI UJIAN NASIONAL DAN NILAI SEKOLAH (STUDI KASUS : KABUPATEN ACEH SELATAN) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISA KERAGAMAN NILAI UJIAN NASIONAL DAN NILAI SEKOLAH (STUDI KASUS : KABUPATEN ACEH SELATAN)


Pengarang

Hayaton Nufus - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0808101010009

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

519.5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ujian Nasional (UN) adalah suatu sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah yang dilaksanakan secara nasional oleh pusat penilaian pendidikan untuk mengevaluasi persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah di seluruh Indonesia. Dalam melakukan penilaian akhir dari evaluasi siswa-siswi disekolah ditetapkan berdasarkan hasil Ujian Nasional (UN) dan Nilai Sekolah (NS) dengan kriteria 60% dan 40% dalam menentukan Nilai Akhir (NA). Nilai Sekolah (NS) merupakan nilai yang diperoleh masing-masing siswa dari sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskriptifkan hasil dari nilai UN, NS, dan NA yang terdiri dari matapelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi serta mengkaji keragamannya untuk nilai UN dan NS pada semua SMU/MA Negeri atau Swasta yang ada di Kab. Aceh Selatan. Analisa statistika deskriptif dilakukan dengan menggunak an histogram, plot, dan boxplot serta uji t untuk melihat perbedaan antara nilai UN dan NS. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai korelasi UN dan NA antar matape lajaran rata-rata berada dalam kategori rendah dan bemilai negatif, bahkan ada yang tidak berkorelasi. Sedangkan NS hampir semua nilai antar matapelajaran berkorelasinya positif dan termasuk dalam kategori tinggi. Tinggi rendahnya nilai yang diperoleh siswa rata-rata sangat dipengaruhi oleh letak dan keunggulan dari sebuah sekolah
bukan status sekolah. Sekolah yang paling bagus tingkat prestasinya di Aceh Selatan berdasarkan NA pada tahun ajaran 2011/2012 adalah SMA Negeri Unggul Aceh Selatan. Dengan demikian, secara keseluruhan hal ini menjelaskan bahwa nilai UN berbeda dengan NS pada taraf 5%.

Kata kunci :Ujian Nasional (UN), Nilai Sekolah (NS), Nilai Akhir {NA), statistika deskriptif, uji t.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK