PENGELOMPOKAN DAYAH DAN BALAI PENGAJIAN DI KABUPATEN PIDIE MENGGUNAKAN METODE K-MEANS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGELOMPOKAN DAYAH DAN BALAI PENGAJIAN DI KABUPATEN PIDIE MENGGUNAKAN METODE K-MEANS


Pengarang

Maulidarwati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0308101010026

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2010

Bahasa

Indonesia

No Classification

519.533

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini mengkaji pengelompokan dayah dan balai pengajian di kKabupaten Pidie dengan menggnnakan metode K-Means. Dalam pengelompokan data yang memiliki karakteristik yang sama dikelompokkan ke dalam satu kelompok yang sama dan data yang memiliki karakteri stik yang berbedaa dikelompokkan ke dalam kelompok lain. Data yang digunakan untuk pengelompokan ini adalah data asli dayah dan balai pengajian dan data yang direeduksi seperti yang dipakai dalam metode biplot. Variabel yang digunakan untuk pengelompokan adalah jumlah santri tetap (XI), jumlah santri tidak tetap (X2), clan jumlah tenaga pengajar (X3). Secara umum basil pengelompokan menunjukkan bahwa data yang digunakan dari reduksi biplot lebih baik dibandingkan dengan pengelompokan dari data asli dimana pengelompokan dari data reduksi biplot memiliki variasi keragaman lebih kecil dibandingkan dari pengelompokan data asli.

Kata Kunci : Metode pengelompokan K-Means, data asli, data hasil reduksi biplot, dayah dan balai pengajian




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK