ANALISIS DISKRIMINAN FISHER UNTUK MEMBEDAKAN TINGKAT PENGUASAAN BAHASA INGGRIS RNMAHASISWA FMIPA UNSYIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS DISKRIMINAN FISHER UNTUK MEMBEDAKAN TINGKAT PENGUASAAN BAHASA INGGRIS RNMAHASISWA FMIPA UNSYIAH


Pengarang

Vera Wahyuni - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0708101010003

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2011

Bahasa

Indonesia

No Classification

519.535

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Analisis diskriminan adalah teknik statistika yang digunakan untuk mengklasifikasi populasi atau objek ke dalam kelompok atau kategori tertentu berdasarkan sekumpulan peubah bebas. Analisis diskriminan mempunyai asumsi yaitu variabel penjelas mengikuti sebaran normal ganda dan antar kelompok mempunyai matriks peragam yang homogen. Namun jika asumsi kenormalan ganda tidak terpenuhi maka penyusunan model lebih sesuai rnenggunakan analisis diskrirninan fisher. Tetapi , uji vektor rata-rata tetap bisa dilakukan selama asumsi kesarnaan matriks ragarn-peragam dipenuhi. Penelitian ini membahas tentang perbedaan tingkat penguasaan Bahasa lnggris mahasiswa FMIPA Universitas Syiah Kuala berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penguasaan Bahasa Inggris yaitu berupa latar belakang dari keluarga, pendidikan. dan kebiasaan mahasiswa yang berpengaruh terhadap peningkatan kemarnpuan berBahasa lnggris sehingga terbentuk suatu fungsi diskrirninan. Tujuan dari penelitian ini adalah membentuk suatu fungsi diskriminan untuk membedakan tingkat penguasaan Bahasa Inggris mahasiswa FMIPA Universitas Syiah Kuala berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penguasaan Bahasa Inggris. Data yang digunakan dalarn penelitian ini adalah data sekunder dari hasil Penelitian Fitriana AR,dkk tahun 2010. Jumlah responden yang digunakan adalah sebanyak 40 responden. Dari penelitian ini diperoleh tiga model fungsi diskriminan dan faktor yang membedakan tingkat penguasaan Bahasa lnggris yaitu nilai mata kuliah Bahasa Inggris saar pertama kali arnbil, mempelajari kamus atau buku pelajaran ber Bahasa Inggris, dan berbicara orang lain bukan penutur asli dalam Bahasa lnggris. Ketepatan klasifikasi yang diperoleh dari fungsi diskriminan adalah sebesar 57.5 %.

Kata Kunci : Analisis Diskriminan Fisher, fungsi diskrirninan, ketepatan
klasifikasi.
























v

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK