PENGELOMPOKAN OBJEK BERDISTRIBUSI DAN BINOMIAL DENGAN SKOR PROPEORMALITAS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGELOMPOKAN OBJEK BERDISTRIBUSI DAN BINOMIAL DENGAN SKOR PROPEORMALITAS


Pengarang

Rizal Kamal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0208101010057

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2009

Bahasa

Indonesia

No Classification

512.925

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Objek penelitian umumnya rnempunyai sebaran kovariat yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi metode skor propensitas untuk pengelompokan objek yang berdistribusi Normal dan Binomial, Evaluasi metode sker propensitas dilakukan dengan menetapkan 4 kasus utama, yaitu kovariat Binomial yang berparameter p yang sama dan yang berbeda dengan masing- masing untuk pengelompokan dua dan tiga kelas. Metode pengelompokan ini diterapkan terhadap 3 jenis jumlah data. yaitu 30, 150. dan 1000 untuk tiap-tiap kasus.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa jika parameter p dari objek yang berkovariat Binomial adalah sama maka pengelompokan dua kelas dengan skor propensitas lebih baik digunakan pada saat jumlah objeknya banyak. Ketepatan pengelompokan untuk kasus ini mencapai 70%. Sedangkan jika parameter p tersebut berbeda rnaka metode ini lebih cecek digunakan untuk jumlah objek yang sedikit. dengan ketepatan pengelompokan mencapai 76%. Adapun untuk pengelompokan 3 kelas. metode ini kurang cocok dipakai karena persentase kesalahan melebihi 67% dari 10 kaJi perulangan.

Kata kunci : skor propensitas. kovariat. ketepatan pengkelasan





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK