PENGARUH UJIAN NASIONAL (UN) TERHADAP NILAI INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) (STUDI KASUS MAHASISWA FMIPA UNSYIAH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH UJIAN NASIONAL (UN) TERHADAP NILAI INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) (STUDI KASUS MAHASISWA FMIPA UNSYIAH)


Pengarang

Ira Yulita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0808101010025

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

332.41

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ujian Nasional (UN) adalah penilaian basil belajar oleh pemerintah yang bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah basil pelajaran yang diperoleh dari kegiatan belajar dj perguruaan tinggi yang dihitung pada setiap akhir semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai Ujian Nasional (UN) serta faktor lain yang dibawa dari pendidikan menengah terdahulu terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (lPK) pada mahasiswa FMIP A Unsyiah Taboo Akademik 2008/2009,
2009/2010, dan 2010/2011. Metode yang digunakan adalah statistika deskriptif serta analisis regresi logistik ordinal yang berfungsi untuk melihat pengaruh sejumlah peubah bebas terhadap peubah tidak bebas yang berupa peubah kategori dengan skala pengukuran bersifat tingkatan. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa, IPK yang diperoleh berada pada kategori memuaskan, dan sangat memuaskan. Nilai UN menunjukkan bahwa rata-rata nilai UN untuk setiap kategori IPK saling berdekatan. Hal ini menunjukkan bahwa kemungkinan mendapatkan IPK dengan empat kategori tersebut juga sarna. Mahasiswa banyak yang berasal dari kota Banda Aceh, dari pendidikan menengab SMU dan status sekolah negeri. Asal kabupaten secara signifikan pada taraf nyata 5%, namun dalam penelitian ini nilai determinasinya sangat keeil yaitu 29.9% ~ r ~ 58.1% sehingga secara keseJuruhan model peubah bebas tidak cukup menjelaskan IPK, namun jika tetap harus mengacu kepada nilai UN maka yang berpengaruh hanya nilai UN Bahasa Indonesia.

Kata Kunci : Ujian Nasional (UN) .Indek Prestasi Kumulatif (IPK), statistika deskriptif, regresi logistik ordinal



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK