PENERAPAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN ANALISIS GAP PADA KUALITAS PELAYANAN BUS LISTRIK FEEDER TRANS KOETARADJA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN ANALISIS GAP PADA KUALITAS PELAYANAN BUS LISTRIK FEEDER TRANS KOETARADJA


Pengarang

RIDHO MUHAMMAD HAVIDH NST - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Isya - 196204111989031002 - Dosen Pembimbing I
Sofyan - 195905121987021001 - Dosen Pembimbing II
Buraida - 196809211999032002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1704101010130

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

629.222 33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Transportasi merupakan media pelayanan jasa angkutan umum yang berguna untuk memindahkan orang maupun barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Salah satu sarana transportasi umum di Banda Aceh adalah Bus Trans koetaradja, dimana selama ini jangkauan layanan Trans Koetaradja belum optimal untuk mencapai titik asal maupun tujuan perjalanan yang lebih padat penduduk. Sehingga, Dinas Perhubungan Aceh menghadirkan transportasi umum inovasi terbaru yaitu Bus Listrik Feeder Trans Koetaradja berdaya baterai yang ramah lingkungan, berfungsi sebagai feeder (pengumpan) Trans Koetaradja yang mampu menjangkau kawasan permukiman warga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan dan harapan penumpang terhadap kinerja pelayanan tranportasi umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis Gap. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, yaitu dengan yaitu membagikan kuesioner kepada masyarakat yang mengikuti uji coba Bus Listrik Feeder Trans Koetaradja pada trayek rute feeder 3 dan 5 yang telah beroperasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel penelitian yang diambil adalah 103 responden. Skala yang digunakan adalah skala Likert yang berdasarkan tingkat kinerja dan kepentingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Customer Satisfaction Index (CSI) terhadap tingkat kinerja pelayanan Bus Listrik Feeder Trans Koetaradja adalah sebesar 82,87% termasuk kedalam kriteria sangat puas. Nilai gap tertinggi adalah indikator kejelasan mengenai informasi halte yang akan dilewati dan indikator keselamatan penumpang saat berhenti di halte (-0,02), dan nilai gap terendah adalah indikator tersedianya fasilitas bagi penyandang cacat, ibu hamil atau manula didalam bus (-1,81).
Kata kunci: Bus Listrik Feeder Trans Koetaradja, Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan, Customer Satisfaction Index (CSI), Analisis Gap

Transportation is a medium of public transportation services that is useful for moving people and goods from one place to another. One of the public transportation facilities in Banda Aceh is the Trans Koetaradja Bus, where so far the Trans Koetaradja service coverage has not been optimal to reach the point of origin or destination of the trip which is more densely populated. Thus, the Aceh Transportation Service presents the latest innovation public transportation, namely the Trans Koetaradja Electric Feeder Bus with environmentally friendly battery power, which functions as a Trans Koetaradja feeder that is able to reach residential areas. The purpose of this study was to determine the satisfaction and expectations of passengers on the performance of public transportation services. The method used in this research is the Customer Satisfaction Index (CSI) method and Gap analysis. This research was conducted using a survey method, namely by distributing questionnaires to people who took part in the Trans Koetaradja Electric Feeder Bus trial on feeder routes 3 and 5 which were already operating. Sampling using simple random sampling technique. The number of research samples taken were 103 respondents. The scale used is a Likert scale based on the level of performance and importance. The results showed that the value of the CSI on the service performance level of the Trans Koetaradja Electric Feeder Bus was 82.87%, including the criteria for being very satisfied. The highest gap value is an indicator of clarity regarding information on the bus stop to be passed and an indicator of passenger safety when stopping at the bus stop (-0,02), and lowest gap value is an indicator of the availability of facilities for people with disabilities, pregnant women or seniors on the bus (-1,81). Keywords: The Trans Koetaradja Electric Feeder Bus, Service Quality, Destination, Customer Satisfaction Index (CSI), Gap Analysis

Citation



    SERVICES DESK