SIMULASI TRANSFORMASI DATA RANCANGAN PERCOBAAN DENGAN RANCANGAN FAKTORIAL 2 FAKTOR (STUDI KASUS PADA DATA PENELITIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DI TAHUN 2005) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

SIMULASI TRANSFORMASI DATA RANCANGAN PERCOBAAN DENGAN RANCANGAN FAKTORIAL 2 FAKTOR (STUDI KASUS PADA DATA PENELITIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DI TAHUN 2005)


Pengarang

Safrizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0408101010011

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2010

Bahasa

Indonesia

No Classification

511.326

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Analisis ragam (ANOVA) adalah salah satu teknik statistik yang dapat digunakan untuk menguji kesamaan beberapa nilai tengah suatu populasi secara sekaligus. Salah satu asumsi dasar yang harus dipenuhi pada anal isis ragam adalah kehomogenan ragam. Ketidakhomogenan ragam akan menyebabkan hasil pengujian tidak akurat dan mempengaruhi tingkat nyata terhadap penyimpangan dari hipotesis nol. Jika asumsi tersebut tidak terpenuhi maka dapat dilakukan teknik transformasi terhadap data. Data tesis pada Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala di tahun 2005 tidak memenuhi asumsi kehomogenan ragam. Kesimpulan dari pengujian anal isis ragam didapat tanpa melakukan pengujian asumsi terhadap data. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan transformasi yang tepat digunakan untuk data terse but. Transformasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu transformasi log(x),I/(x), Vx, 1_ -, dan 1/Vx Penelitian ini mengukur power uji F ketika menolak Ho pada masing-masing transformasi. Data dibangkitkan dari data tesis penelitian rancangan percobaan dengan rancangan faktorial 2 faktor. Ukuran sampel yang dipakai adalah 12 dengan replikasi sebanyak 5000 dan 10000 pada taraf nyata sebesar 5%. Transformasi l/(x), -,1/log9x0, dan 1/Vx menunjukkan performansi yang baik, namun c transformasi yang paling baik adalah -0, ,_1-%. Hasil pengujian anal isis ragam dan uji lanjut Duncan pada data penelitian Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala didapat bahwa kedua hasil pengujian berbeda pada data sebelum dan sesudah ditransformasi. Perbedaan hasil pengujian dikarenakan data basil penelitian tidak terpenuhi asumsi kehomogenan ragam pada data.


Kata kunci : ANOVA 2 faktor (ANOVA two-way), simulasi statistika uji F, Duncan 2
faktor,power uji statistika F, transformasi data.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK