ANALISIS DISKRIMINAN MELALUI METODE FISHER UNTUK MENGELOMPOKKAN TINGKAT PENGUASAAN MATEMATIKA SISWA KELAS UNGGUL MTSN MODEL BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS DISKRIMINAN MELALUI METODE FISHER UNTUK MENGELOMPOKKAN TINGKAT PENGUASAAN MATEMATIKA SISWA KELAS UNGGUL MTSN MODEL BANDA ACEH


Pengarang

mutia mentari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103020049

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Analisis Diskriminan melalui Metode Fisher dan Kelas Unggul
Pengelompokkan siswa ke kelas unggul biasa dilakukan oleh sekolah agar siswa yang potensi akademiknya tinggi dapat menerima pembelajaran lebih efisien.Salah satu sekolah yang mengelompokkan siswanya ke kelas unggul adalah MTsN Model Banda Aceh.Selama ini pengelompokkan kelas unggul di sekolah tersebut dilakukan dengan melihat nilai rapor siswa, lalu siswa dipilih secara manual untuk dikelompokkkan ke kelas unggul. Hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga dibutuhkan cara lain yang lebih mudah dan singkat. Analisis diskriminan merupakan salah satu cara untuk mempermudah pengelompokkan siswa ke dalam kelas unggul, yaitu dengan menggunakan metode fisher.Oleh karena itu peneliti melakukanpenelitian dengan judul “Analisis Diskriminan Melalui Metode Fisher Untuk Mengelompokkan Tingkat Penguasaan Matematika Siswa Kelas Unggul MTsN Model Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan siswa kelas unggul yang telah ada. Selanjutnya, dari hasil penelitian akan didapatkan hasil akhir berupa fungsi diskriminan yang dapat digunakan untuk mengelompokkan siswa kelas unggul selanjutnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh.Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas unggulnya yang terdiri dari 36 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan analisis diskriminan dengan metode fisher adalah 55,5% atau 20 dari 36 orang siswa layak berada di kelas unggul. Fungsi akhir yang terbentuk adalah Y1 = 187,231X1 - 3,776X2 + 1,216X3 - 16,997X4 - 10,185X5 + 1,893X6dan Y2 = 183,454X1 + 1,193X2 + 0,326X3 - 18,172X4 - 9,877X5 + 2,665X6.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK