PENERAPAN METODE BIPLOT DALAM PENGELOMPOKAN MINAT SISWA SMA DI BANDA ACEH TERHADAP BIDANG ILMU DI PERGURUAN TINGGI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN METODE BIPLOT DALAM PENGELOMPOKAN MINAT SISWA SMA DI BANDA ACEH TERHADAP BIDANG ILMU DI PERGURUAN TINGGI


Pengarang

Raja Maulina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0281110054

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2007

Bahasa

Indonesia

No Classification

515.63

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Metode analisis biplot adalah salah satu metode dalam statistika multivariat. Analisis biplot ini dikembangkan atas dasar Dekomposisi Nilai Singular (Singular Value Decomposition) atau biasa dikenal dengan SD Dengan kata lain biplot mempresentasikan informasi yang terkandung dalam sebuah matriks yang berukuran nx p dalam bentuk grafik. Penyajian grafik dua dimensi menjelaskan hubungan antar amatan, hubungan antar peubah, dan hubungan antara amatan dan peubah. Responden yang disurvey adalah siswa kelas I IPA di beberapa SMA/MA Negeri dan Swasta di Kota Banda Aceh. Penyebaran vektor peubah pilihan bidang ilmu di Perguruan Tinggi dan penyebaran titik-titik amatan kelompok ranking kelas yang akan disajikan pada hasil analisis biplot. Dari hasil inilah terbentuk pengelompokan minat siswa SMA di Banda Aceh terhadap bidag ilmu di Perguruan Tinggi.

Kata Kunci: SVD, titik amatan, vektor peubah, biplot


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK