OPTIMASI DENGAN METODE DAKIAN DAN TURUNAN TERCURAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

OPTIMASI DENGAN METODE DAKIAN DAN TURUNAN TERCURAM


Pengarang

Endang Wahyuni - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0408101010024

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2010

Bahasa

Indonesia

No Classification

515.5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Metode permukaan respon merupakan suatu teknik statistik dan matematika yang berguna untuk menganalisis permasalahan tentang beberapa variabel bebas yang mempengaruhi variabel tak bebas atau respon, serta bertujuan untuk menentukan nilai optimum dari respon itu. Metode dakian dan turunan tercuram merupakan bagian dari metodologi permukaan respon dalam menentukan daerah respon optimum serta rancangan komposit pusat untuk menentukan titik optimum. Pada tahap awal akan diduga model orde pertama dan model orde kedua. Contoh kasus pada penelitian ini adalah suatu percobaan pemurnian oksigen sebagai respon Y yang diamati, suhu (T) dan rasio tekanan (R) sebagai variabel-variabel yang mempengaruhi respon. Kondisi awaJ percobaan pada suhu T =-220C dan rasio tekanan R =1,2 atm, dengan menerapkan rnetode dakian dan turunan tercuram diketahui daerah maksimum terjadi pada lintasan ke-6 dan daerah minimum terjadi pada lintasan ke-4, pada proses akhir dalam penentuan titik optimum dengan rancangan komposit pusat cliketahui titik maksimum berada pada suhu reaksi
-190,3C dan rasio tekanan sebesar 1,417 atm dengan. 87 ,82 dugaan respon pemurnian oksigen, sedangkan titik minimummya tidak memenuhi syarat kondisi minimum.

Kata kunci: metode permukaan respon, dakian tercuram, turunan tercuram, model orde satu, model orde dua, rancangan komposit pusat.







Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK